(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR SOSIALISASI DAN ADVOKASI BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DAN PENDIDIKAN NON FORMAL (PNF) KESETARAAN

Admin disdikpora | 24 April 2024 | 1268 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR SOSIALISASI DAN ADVOKASI BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DAN PENDIDIKAN NON FORMAL (PNF) KESETARAAN


Lovina, Rabu 24 April 2024 | DISDIKTODAY

Dalam rangka menjalin koordinasi dan penyamaan persepsi terhadap tindak lanjut yang dapat diupayakan oleh pihak terkait sesuai fungsi dan kewenangan yang dimiliki dalam menyikapi hal tersebut maka Pemerintah Kabupaten Buleleng hadir melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dengan mengadakan sosialisasi dan advokasi bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Kesetaraan.


Terkait hal tersebut, hadir Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A.P mewakili Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng guna membuka secara resmi mengadakan sosialisasi dan advokasi bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Kesetaraanbertempat di hotel Aneka Lovina, Rabu (24/4).


Saat membacakan Sambutan Kepala Dinas, Sekretaris Dinas menyampaikan bahwa jika kita lihat angka partisipasi sekolah di paud maupun kesetaraan, saat ini masih berada pada posisi rendah. Oleh karena itu, kami mengundang dan mengajak bapak ibu sekalian untuk merancang strategy sehingga capaian dapat kita tingkatkan. Terlebih lagi melalui pertemuan ini, diharapkan dapat memberikan yang terbaik sesuai dengan peran kita masing-masing sehingga pendidikan masyarakat buleleng akan semakin maju dan singaraja yang dikenal sebagai kota pendidikan akan semakin berjaya. 


Disisi lain, dari laporan Kasi Kurikulum PAUD dan PNF, Komang Sudarsana, S.Pd.M.Pd menyampaikan bahwa tujuan kegiatan nin adalah untuk menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya pendidikan, baik PAUD maupun PNF Kesetaraan sehingga seluruh komponen baik instansi terkait, tokoh adat, pihak swasta dan seluruh lapisan masyarakat mempunyai persepsi, semangat, motivasi  yang sama untuk ikut berpartisipasi, berkontribusi, bergerak secara optimal  dalam  bidang  pendidikan, karna  akan  berimplikasi terhadap kenaikan angka partisipasi sekolah (APS), produktifitas serta kemajuan masyarakat di Kabupaten Buleleng. Selain itu, bagi Peserta setelah mengikuti kegiatan ini mempunyai pemahaman dan persamaan persepsi akan pentingnya pendidikan, baik PAUD maupun PNF Kesetaraan. .


 Lebih lanjut dalam kegiatn ini mengundang perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng,  Camat se Kabupaten Buleleng berjumlah  9 orang, Perwakilan Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Buleleng sebanyak 148 orang, Bunda PAUD Kabupaten Buleleng 1 orang, Bunda PAUD Kecamatan se Kabupaten Buleleng 9 orang, Penilik Kabupaten 6 orang, Ketua HIMPAUDI Kabupaten Buleleng 1 orang , Ketua PKG Kecamatan se Kabupaten Buleleng 9 orang, Ketua IGTKI Kecamatan se Kabupaten Buleleng  9 orang dan Kepala SPNF SKB Buleleng dan Ketua PKBM se Kabupaten Buleleng sebanyak  11 orang


Sementara itu, untuk pelaksanaan kegiatan dimulai dari hari  Rabu dan Kamis, 24 dan 25 April 2024 dengan pemetaan peserta yang dibagi menjadi 2 angkatan. Hari pertama, Rabu 24 April 2024 dengan jumlah peserta 96 orang, undangan dari wilayah barat sampai tengah. Selanjutnya, hari kedua Kamis,  25 April 2024, undangan dari wilayah timur sampai tengah, dengan jumlah peserta sebanyak 106 orang.