(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

OBRAS " GALI POTENSI PESERTA DIDIK WUJUDKAN KECERDASAN MULTIDIMENSI"

Admin disdikpora | 03 Mei 2024 | 1359 kali

OBRAS " GALI POTENSI PESERTA DIDIK WUJUDKAN KECERDASAN MULTIDIMENSI"


Singaraja, Jumat 3 Mei 2024 l DISDIKTODAY 

Seijin Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A.P., hadir sebagai narasumber dalam acara Obras Edisi Jumat 3 Mei 2024 dengan Topik "Gali Potensi Peserta Didik untuk mewujudkan kecerdasan multidimensi" di siarkan secara langsung dari studio 2 Radio Nuansa Giri bersama Kepala SMP N 4 Singaraja, Putu Budiastana, M.Pd., 


Saat live Sekdisdikpora Gus Surya sekilas menjelaskan bahwa, secara umum keberhasilan pendidikan bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah semata akan tetapi juga menjadi tanggung jawab sekolah, orang tua, dan masyarakat atau stake holder pendidikan.Lebih lanjut, Pendidikan karakter merupakan salah satu aspek yang tidak boleh diabaikan dalam proses pembelajaran di sekolah.


Pendidikan karakter tidak hanya bertujuan untuk membentuk siswa menjadi individu yang memiliki moral yang baik dan tanggung jawab sosial, tetapi juga merupakan faktor yang dapat membantu siswa menjadi pemimpin yang efektif di masa depan. Oleh karena itu, sekolah, orang tua, dan masyarakat harus memberikan perhatian yang sama pentingnya pada pendidikan karakter agar generasi masa depan dapat menjadi lebih baik.


Terkait hal menggali Potensi Siswa, Guru memiliki peran kunci dalam mengindentifikasi potensi, minat dan kebutuhan belajar siswa. Dengan pendekatan Kurikulum Merdeka, guru dapat mendesain pembelajaran yang mengakomodasi  keberagaman siswa, sehingga potensi siswa dapat berkembang secara optimal.