(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

GANAPATI AWARD 2023 DAN HANDOVER LIGHT SCHOOL PROGRAM ( LSP ) SMP N 8 SINGARAJA

Admin disdikpora | 09 Juni 2023 | 712 kali

GANAPATI AWARD 2023 DAN HANDOVER LIGHT SCHOOL PROGRAM ( LSP ) SMP N 8 SINGARAJA


Buleleng, Jumat 9 Juni 2023 l DISDIKTODAY

Pagi ini, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menggelar Puncak acara Gema Nasional Pendidik Inovatif ( GANAPATI ) tahun 2023 bertempat di SMP N 8  Singaraja, Jumat 9/6/23.



Dalam kegiatan ini hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd mewakili Penjabat Bupati Buleleng didampingi Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M.


Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng dalam kesempatan ini menyampaikan kilas balik bagaimana perjuangan membangun  SMP Negeri 8 Singaraja dalam sehari.Sekolah ini dibentuk karena kebijakan zonasi. Saat itu anak umur sekolah di empat desa terancam tidak dapat mengenyam pendidikan karena lokasi sekolah yang jauh dari domisili mereka. Setelah berjalan, SMP Negeri 8 Singaraja mendapatkan program LSP. Sekian tahun berjalan program LSP berjalan sangat baik. Melalui intervensi terhadap kompetensi guru-guru, tingkat literasi dan numerasi berhasil naik drastis. 


Ditegaskan kembali dari raihan prestasi ini, menurut Sekda Kabupaten Buleleng  tidak boleh turun. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Buleleng akan terus melakukan pendampingan dan memotivasi para guru untuk  saling memberikan vibrasi positif, saling membantu untuk maju dengan mengedepankan pendidikan karakter.


Sementara itu,  dari  laporan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M., menyampaikan bahwa kegiatan  Ganapati Award 2023 bertujuan untuk berbagi Praktik baik dari penerapan penerima manfaat sasaran Lighthouse School Program ( LSP )  dan Program Organisasi Penggerak ( POP) sebagai langkah untuk mengakselerasi kecakapan digital guru di Indonesia dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka.Lebih lanjut kegiatan ini diharapkan dapat memfasilitasi keterampilan dan potensi guru dalam merancang pembelajaran yang inovatif melalui pengembangan ajar berbasis digital serta berbagi praktik baik implementasi kurikulum merdeka.



Perlu diketahui bersama bahwa Lighthouse School Program di SMP N 8 Singaraja berlangsung sejak Juni 2020 dan berakhir saat ini Juni 2023.Sementara Program Organisasi Penggerak ( POP ) mandiri di SMP N 8 Singaraja bersangsung dari Juni 2021 hingga Juni 2023.

Sebelumnya Kegiatan Ganapati tahun 2023 memperebutkan Piala Bupati Buleleng ini telah dilaksanakan sejak beberapa Minggu lalu dan diikuti oleh Guru seluruh Indonesia.


Lebih lanjut, Puncak acara pada hari ini dilaksanakan penandatanganan berita serah terima acara  berakhirnya kerjasama (handover) Lighthouse School Program (LSP) antara pihak Putera Sampoerna Foundation-School Development Outreach (PSF-SDO) dengan Pemerintah Kabupaten Buleleng.Sementara itu, kegiatan juga dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba serangakaian Ganapati tahun 2023 dan Talkshow.