(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENYERAHAN HADIAH LOMBA GTK BERPRESTASI DAN PENANUGERAHAN SARASWATI AWARD TAHUN 2021

Admin disdikpora | 25 November 2021 | 320 kali

PENYERAHAN HADIAH LOMBA GTK BERPRESTASI DAN PENANUGERAHAN SARASWATI AWARD TAHUN 2021


Buleleng, Kamis 25 November 2021 lDISDIKTODAY

Sebanyak 65 orang yang terdiri dari guru dan kepala sekolah  jenjang TK, SD dan SMP menerima penghargaan dalam ajang lomba GTK berprestasi dan penganungerahan Saraswati Award serangkaian peringatan Peringatan HUT KE - 76 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2021 bertempat di SMA N Bali Mandara, 25/11/21.


Penyerahan Hadiah Juara Lomba GTK Berprestasi dan Penganugerahan Saraswati Award diserahkan oleh Bupati Buleleng yang dalam hal ini diwakili  Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M. Pd  didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd, M. M, Ketua PGRI Kabupaten Buleleng, Drs. I Putu Eka Wilantara, M.Pd,  Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S. Pd, M. A. P. Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng dan Kepala SMA N Bali Mandara. 


Dari laporan Kadisdikpora Buleleng dapat disampaikan bahwa Disdikpora Kabupaten Buleleng telah menyelenggarakan lomba untuk Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).   Selain guru, penghargaan perlu juga diberikan kepada satuan pendidikan yang dinilai mampu mengelola sumber daya yang dimilikinya.  Lomba dan penghargaan berkala yang mengamil momentum Hari Guru Nasional ini menjadi latar belakang lahirnya Lomba GTK dan Penganugerahan Saraswati Awards.


Lebih lanjut tujuan dari kegiatan ini yang pertama adalah Meningkatkan motivasi, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme guru, yang diharapkan akan berpengaruh positif pada peningkatan pendidikan nasional, yang kedua memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan anggota serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dan anggota kepada PGRI sebagai anggota profesi dan yang terakhir mendukung Pemerintah Provinsi Bali mewujudkan Visi dan Misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali



Dalam rangka implementasi program Merdeka Belajar di Kabupaten Buleleng sebagaimana kebijakan pemerintah dalam mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila dapat kami laporkan bahwa pada tahun 2021 Program Guru Penggerak telah diikuti sebanyak 67 Guru dari Jenjang TK sampai SMA, dengan 12 Pengajar Praktik, Program Sekolah Penggerak diikuti sebanyak 22  satuan Pendidikan mulai Jenjang TK sampai SMA, sementara SMK sebagai Pusat Keunggulan sebanyak 2 SMK. Selanjutnya, untuk Program Organisasi Penggerak, Kabupaten Buleleng menerima sebanyak 3 Ormas Penggerak yang menyasar 30 jenjang SD dan 21 Jenjang SMP.


Disamping itu,  perlu diketahui bersama bahwa kreativitas dan inovasi Bapak Ibu Guru di Kabupaten Buleleng juga menunjukan semangat yang tinggi. Hal ini ditunjukan dengan adanya Bapak Ibu Guru, Pengawas sekolah yang mendapatkan kesepatan lulus sebagai Pengajar Praktik, Fasilitator, Pelatih Ahli, Pengawas Lapangan yang mengawal implementasi Program Merdeka Belajar di Kabupaten Buleleng.


Sebelum mengakhiri laporan  Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng mengucapkan selamat  kepada Kepala SD N 4 Bebetin dan SMP N 4 Sukasada berhasil meraih penghargaan  Apresiasi Guru dan Kepala Sekolah Pendidikan Dasar serta Pengawas Sekolah Inspiratif Tahun 2021 tingkat Nasional. 


Sementara itu, Sekda Buleleng saat membacakan sambutan Bupati Buleleng menyampaikan apresiasi kolaborasi antara Disdikpora Kabupaten Buleleng dengan PGRI Kabupaten Buleleng. Upaya Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pendidikan 

Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng berperan aktif dalam mendorong para guru di Kabupaten Buleleng untuk tetap berkreatifitas tanpa batas walaupun terkendala pandemi covid - 19. Kedepan para guru diharapkan peran strategis guru dalam mewujudkan SDM Indonesia unggul serta memacu kinerja dan kedisiplinan menjalankan tugas profesionalnya sebagai basis terwujudnya generasi emas Indonesia tahun 2045.Selin itu, guru juga diharapkan dapat memberikan ilmu yang bermanfaat kepada penerus bangsa sesuai dengan tantangan dan kesempatan yang dihadapi para guru sesuai dengan tema hari Guru Nasional Tahun 2021 yaitu " Bergerak dengan hati pulihkan pendidikan". Serta tema dari peringatan HUT PGRI ke - 76 " Bangkit Guruku, Maju Negeriku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh".