(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KEMENPORA TUNJUK BULELENG DALAM PENGAMBILAN SAMPLING INDEKS PEMBANGUNAN OLAHRAGA

Admin disdikpora | 27 Agustus 2021 | 287 kali

KEMENPORA TUNJUK BULELENG DALAM PENGAMBILAN SAMPLING INDEKS PEMBANGUNAN OLAHRAGA
Singaraja, Jumat 27 Agustus 2021 l DISDIKTODAY
Kementerian Pemuda dan Olahraga telah mengembangkan pengukuran hasil pembangunan yang lebih menyeluruh melalui Indek Pembangunan Olahraga (Sport Development Index/SDI) yang meliputi 9 (sembilan) dimensi yaitu Kebugaran, Partisipasi, Ruang Terbuka, SDM Olahraga, Literasi Fisik, Ekonomi, Kesehatan, Perkembangan Personal, ekonomi dan performa.
Parameter ini diharapkan dapat memberikan data dan informasi tentang kontribusi olahraga bagi Pembangunan.Dalam rangka pengukuran SDI, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga melalui Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Olahraga akan melakukan pengambilan sampling data SDI di Provinsi dan Kabupaten/Kota pada tanggal 27 s.d.29 Agustus 2021.
Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng ditunjuk sebagai pelaksana pengambilan sampling data SDI untuk di tingkat daerah. Melalui Bidang Pembinaan Pemuda dan olahraga pengambilan sampling ini menyasar masyarakat yang berada di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada dan Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar. Sementara itu untuk responden yang dijadikan sampling berjumlah 30 orang dari masing-masing Desa bersangkutan. Adapun klasifikasi umur diantaranya usia 10 - 19 (3 pa, 3 pi), Usia 20 - 44 (8 pa, 8pi) dan usia 45 - 60 (4 pa, 4 pi).Selain Kabupaten Buleleng, untuk Provinsi Bali ada beberapa Kabupaten/kota yang ditunjuk melaksanakan kegiatan ini diantaranya Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli,dan Kabupaten Gianyar.
Tim SDI sendiri berasal dari Disdikpora Kabupaten Buleleng melalui Bidang Pembinaan Pemuda dan Olahraga sedangkan tenaga pengumpulan data di setiap Desa melibatkan Guru Olahraga yang berasal dari Desa bersangkutan dimana untuk tugas dan apa yang dikerjakan mengacu pada pedoman yang telah ditetapkan dari Kemenpora.
Sementara itu, kegiatan ini dilanjutkan deng