(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SOSIALISASI SKP TAHUN 2022 PADA JENJANG SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 06 Desember 2022 | 378 kali

SOSIALISASI SKP TAHUN 2022 PADA JENJANG SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN BULELENG


Singaraja, 6 Desember 2022 | DISDIKTODAY



Hari ini Secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Disdikpora Kabupaten Buleleng bersama Kepala Satuan Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar se-Kabupaten Buleleng mengadakan sosialisasi Permenpan RB No. 6 Tahun 2022 dan Pelatihan Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Sekolah dan Operator Sekolah dari 457 SD Negeri yang ada di Kabupaten Buleleng hingga memenuhi kuota sejumlah 500 peserta. Acara dibuka oleh Bapak Ida Bagus Gde Surya Bharata, S. Pd, M.A.P  selaku Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng, didampingi Ibu Ni Luh Putu Lasmini, SH. selaku Kasi GTK SD dan Ibu Luh Putu Hapsari Dewi yg merupakan Staf Seksi GTK SMP sebagai narasumber.


Sebelumnya, peraturan yang menjadi dasar dalam penyusunan SKP adalah Permenpan RB No. 8 Tahun 2021. Untuk tahun ini, peraturan yang berlaku adalah Permenpan RB No. 6 Tahun 2022. Adapun beberapa perbedaan yang terlihat dari 2 peraturan tersebut diantaranya core value yang digunakan beralih dari Aneka menjadi BerAKHLAK. Pada SKP 2022 juga mengedepankan ekspektasi pimpinan serta pemberian umpan balik yang harus diberikan atasan kepada pegawai yang dinilai, sehingga perlu sekali diadakan dialog terbuka antara atasan dan semua guru serta pegawai di sekolah tersebut.


Selain pemaparan materi terkait Permenpan RB No. 6 Tahun 2022, peserta juga langsung praktik dalam menyusun SKP dibawah panduan narasumber. Poin-poin mana yang sudah terisi otomatis dan bagian mana yang harus diisi secara manual juga dijelaskan secara detail. Ditegaskan kembali oleh Ibu Hapsari, pengisian data pada form SKP harus didasari dengan koordinasi yang baik antara kepala sekolah, guru dan pegawai agar data MPH dalam satu sekolah tidak ada perbedaan. Secara garis besar, penyusunan SKP tahun ini telah dilakukan penyederhanaan dibandingkan dengan laporan SKP tahun lalu. Berdasarkan testimoni dari peserta, penyusunan SKP tahun ini  dinilai lebih mudah dari tahun sebelumnya. 


Lebih lanjut, Ibu Ni Luh Putu Lasmini, S.H. selaku Kasi GTK SD menghimbau agar penyusunan SKP dapat dilakukan secepatnya, mengingat sudah memasuki bulan Desember.  Nantinya laporan diharapkan sudah selesai diperiksa oleh Dinas pada akhir bulan Januari 2022. Tidak lupa juga diingatkan agar laporan dicetak dalam 2 rangkap untuk dijadikan arsip oleh sekolah masing-masing dan 1 lagi dikirimkan ke BKPSDM. 

Terakhir, acara ditutup oleh Ibu Kasi GTK SD mewakili Bapak Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng dengan harapan peserta yang hadir dapat mensosialisasikan materi yang didapat kepada rekannya di sekolah masing-masing sehingga informasi dapat tersebar dengan baik.