(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BUSINESS MATCHING PRODUK DALAM NEGERI

Admin disdikpora | 24 Maret 2022 | 247 kali

BUSINESS MATCHING PRODUK DALAM NEGERI

 

Nusa Dua, Kamis 24 Maret 2022 | DISDIK TODAY


Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Kamis 24 Maret 2022 mengikuti Business Matching Pengadaan Produk Dalam Negeri (PDN) di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua, Bali. Kegiatan Business Matching digelar serangkaian Rakornas Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dalam rangka mendukung Gernas Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dilaksanakan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi. 


Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam kesempatan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd didampingi SKPD terkait diantaranya Kepala Bagian PBJ Setda Kabupaten Buleleng Made Sudarmika, ST.,MT. Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,MAP dan Sekretaris Dinas Dagperinkopukm Ariston Adhi Pamungkas  SP, MEnvMan. Proses Business Matching diisi dengan pernyataan komitmen pemda terkait anggaran belanja di tahun 2022 yang akan menggunakan produk-produk dalam negeri dalam pengadaan barang/jasa. Mekanisme desk yang dilaksanakan oleh Kementerian Perindustrian mengambil data dalam belanja daerah yang telah terinput dalam SIPD. Sementara komitmen penggunaan produk dalam negeri dilakukan perhitungan dengan mengambil daftar belanja dengan nilai besar dan penentuan prosentase tingkat komponen dalam negerinya. 


Sesuai dengan hasil Business Matching data komitmen penggunaan produk dalam negeri untuk Pemkab Buleleng dihitung sementara sebesar 102 milyar rupiah lebih. Dan ini tentunya akan mengalami dinamika mengingat angka perhitungan didasarkan atas belanja barang/jasa yang terinput dalam APBD Induk tahun 2022. Jika nantinya ada APBD Perubahan tentunya akan diadakan penyesuaian kembali.