(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA JENJANG SMP

Admin disdikpora | 22 Juli 2024 | 1088 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA JENJANG SMP


Singaraja, Senin 22 Juli 2024 l DISDIKTODAY 

Mewakili Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, hadir Kabid Pembinaan SMP, Putu Primasuta, S.Sn, M.Pd., membuka secara resmi kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Jenjang Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Buleleng Tahun 2024 bertempat di Hotel Aneka Resort, Senin (22/7).


Kabid PSMP, Primasuta mengungkapkan bahwa secara umum, workshop IKM bertujuan untuk memberdayakan guru sebagai ujung tombak dalam implementasi Kurikulum Merdeka, meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang berkualitas.Serta mendukung sekolah dalam mewujudkan visi Kurikulum Merdeka, yaitu menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi global, bernalar kritis, dan berkarakter.


Singkatnya, tujuan utama workshop IKM adalah untuk mempersiapkan para pendidik agar mampu menjadi fasilitator pembelajaran yang inovatif dan inspiratif dalam rangka mewujudkan profil Pelajar Pancasila.


Sementara itu, dari laporan Kasi Kurikulum dan Peserta Didik SMP, I Nyoman Yasa, S.Pd., M.M. menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan dari tanggal 22 sampai dengan 27 Juli 2024 dengan Tema Implementasi Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak di Platform Merdeka Mengajar (PMM) Kabupaten Buleleng Tahun 2024. Kepesertaaan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) seluruh Waka Kurikulum SMP Negeri dan Swasta se Kabupaten Buleleng


Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan Pemahaman, penyusunan dan pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Satuan Pendidikan, Memberikan pemahaman dan pendampingan dalam penyusunan CP,TP,ATP,dan KKTP dan Pendampingan Project Penguatan Profil Pendidikan Pancasila (P5), serta penyusunan pendampingan Assesment Model Ajar Kurikulum Merdeka. Sehingga target kurikulum pada satuan pendidikan yang di gunakan 2024/2025 sudah rampung.


Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif dan mendalam kepada para peserta, terutama pendidik di jenjang SMP, terkait dengan konsep, prinsip, dan penerapan Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran.


Sementara itu, kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari Balai Penjaminan Mutu Provinsi Bali, Narasumber Pendamping dari Pengawas SMP yang menyampaikan materi  adalah Drs. I Gusti Agung Oka Yadnya,  M.Pd., dan sementara dari MKKS SMP disampaikan Nyoman Armaja, S.Pd., M.Pd., dan I Made Jimat, S.Pd., M.Pd