(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

MASA ORIENTASI, KADIS ASTIKA DORONG GURU PPPK JADI AGEN PERUBAHAN

Admin disdikpora | 27 Mei 2024 | 1298 kali

MASA ORIENTASI, KADIS ASTIKA DORONG GURU PPPK JADI AGEN PERUBAHAN 


Denpasar, Senin 27 Mei 2024 l DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., berkesempatan memberikan materi kepada peserta orientasi PPPK kurikulum angkatan XII tahun 2024 di UPTD BKPSDM Provinsi Bali, Senin (27/5).


Dihadapan 37 orang guru PPPK, Kadis Astika menjelaskan profil, visi misi, tupoksi dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng. Lebih lanjut, dirinya juga menjelaskan bahwa setiap instansi pemerintah wajib untuk menyelenggarakan orientasi bagi PPPK yang baru diangkat. Orientasi merupakan kegiatan pengenalan dan penyediaan informasi mengenai aparatur sipil negara dan pembekalan kepada PPPK.


Orientasi PPPK bertujuan memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika, serta pengetahuan dasar. Semua itu menyangkut sistem penyelenggaraan pemerintahan negara dan budaya organisasi pemerintahan.


Dengan adanya orientasi, Kadis Astika berharap para PPPK bisa meningkatkan pengetahuan, keterampilkan, sikap, dan perilaku sesuai nila-nilai dasar ASN, antara lain berakhlak, berkinerja, berdaya saing, dan berorientasi pada pelayanan publik.


Orientasi dalam PPPK dianggap penting karena bisa mendukung PPPK untuk berintegrasi dengan lingkungan kerja baru secara cepat, efisien dan menjadi agen perubahan. " Yang paling penting adalah guru harus berperan sebagai agen perubahan (agent of change), yang mana perlu mendapatkan dukungan yang memadai untuk meningkatkan keterampilan pembelajaran yang bermakna serta mendorong makin bertumbuhnya karakter baik dan mulia para peserta didik, sebagaimana tergambar dalam profil pelajar Pancasila" ungkapnya