(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PELAKSANAAN LOKAKARYA 4 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK (PPGP) ANGKATAN 5

Admin disdikpora | 05 November 2022 | 74 kali

PELAKSANAAN LOKAKARYA 4 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK (PPGP) ANGKATAN 5


Singaraja, 5 November 2022

Pada hari Sabtu, 5 November 2022, Balai Guru Penggerak Provinsi Bali didampingi oleh Disdikpora Kabupaten Buleleng selaku panitia kabupaten melaksanakan kegiatan Lokakarya 4 Program Pendidikan Guru Penggerak Angatan 5. Kegiatan dilaksanakan secara luring, bertempat di SMK Negeri 2 Singaraja.  Sebelum melaksanakan Lokakarya, peserta Calon Guru Penggerak (CGP) telah mendapatkan pendampingan individu dari masing-masing pengajar praktek yang dilaksanakan di sekolah masing-masing CGP. Pendampingan individu berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 31 Oktober 2022 sampai dengan 4 November 2022.


Sejatinya Pendidikan Guru Penggerak merupakan program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadikan guru sebagai pemimpin dalam pembelajaran. Keluaran dari program Pendidikan Guru Penggerak adalah Guru Penggerak yang dapat menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik. Untuk menjadi seorang guru penggerak, peserta Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) harus melalui berbagai kegiatan, salah satunya adalah lokakarya yang dilaksanakan 7 kali setelah acara Lokakarya Orientasi.


Kegiatan Lokakarya PPGP Angkatan 5 di Kabupaten Buleleng dilaksanakan dalam 5 kelas. Masing-masing kelas terdiri dari 14-15 orang CGP yang diberikan materi oleh 3 orang Pengajar Praktik. Total peserta CGP pada angkatan 5 berjumlah 73 orang, dengan rincian 5 orang guru TK, 22 orang guru SD, 20 orang guru SMP, 1 orang guru SLB serta 25 orang guru SMA dan SMK. Suasana belajar yang kreatif, didukung dengan semangat dan antusiasme yang tinggi dari CGP membuat kegiatan lokakarya yang berlangsung selama 1 hari terasa hidup. Lokakarya 4 moda luring kali ini menitikberatkan pada praktik _coaching_ dan supervisi akademik. 


Kedepannya, masih ada Lokakarya 5, 6 dan 7 yang menanti untuk dilaksanakan dalam PPGP Angkatan 5. Lokakarya 5 rencananya akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 November 2022, berlokasi di SMK Negeri 2 Singaraja.