(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RATUSAN GURU SD BULELENG IKUTI PELATIHAN NUMERASI DENGAN METODE GASING

Admin disdikpora | 06 November 2023 | 846 kali

RATUSAN GURU SD BULELENG IKUTI PELATIHAN NUMERASI DENGAN METODE GASING 

Singaraja, Senin 6 November 2023 l DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng hari ini melaksanakan zoom meeting terkait dengan kegiatan Pengimbasan Pelatihan Numerasi dengan Metode Gasing (Gampang Asyik dan Menyenangkan), Senin, (6/10).


Dari laporan Sekretaris Dinas Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A.P yang juga selaku Plt. Kepala Bidang GTK dan juga selaku ketua panitia metode Gasing Kabupaten Buleleng   menyampaikan bahwa Metode Gasing  (Gampang Asyik dan Menyenangkan) untuk Buleleng Pandai Berhitung Tahap 1 dimulai dari tanggal 6 November sampai dengan 3 Desember 2023 serta kegiatan Pengimbasan dilaksanakan pada tanggal 6 November - 9 Desember 2023 menyasar Guru SD kelas 3 dan 4 di masing-masing Satuan Pendidikan jenjang Sekolah Dasar sedangkan tahap 2 dilaksanakan pada jenjang SMP. Untuk keselurahan total jumlah peserta adalah 470 orang guru yang tersebar di seluruh Satuan Pendidikan yang ada di Kabupaten Buleleng.


Sementara itu, Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., saat membuka acara secara resmi menyampaikan bahwa jika dilihat di raport pendidikan yang kita miliki, dimana dari hasil kajian manyatakan  bahwa dilihat dari indek standar pelayanan minimal  berada pada tuntas tapi masih muda dengan posisi 61,91 persen.Lebih lanjut, untuk kemampuan literasi di SD masih sedang sedangkan untuk di SMP sudah dinyatakan baik.Sedangkan untuk kemampuan numerasi di SD dan SMP masih posisi sedang.


Ditekankan kembali bahwa "seluruh Kepala Sekolah harus memberikan perhatian penuh terhadap numerasi, kemampuan numerasi adalah suatu prosentase peserta didik berdasarkan kemampuan dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari - hari pada berbagai jenis kontek yang relevan.Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Gasing sangat penting dilaksanakan.Apalagi Buleleng saat ini sudah memiliki trainer 32 orang guru yang sudah siap membantu Kepala Sekolah dalam menyiapkan trainer di masing- masing Satuan – satuan Pendidikan." ungkapnya.


Lebih lanjut, nantinya Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng akan melakukan Monev sebagai Quality control melalui Bidang terkait, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan Tim 7 selama kegiatan berlangsung di masing-masing TPK. Sebagai tindak lanjut nantinya akan diagendakan Orientasi Numerasi Metode Gasing  bagi seluruh sekolah umum (SD & SMP) di Kabupaten Buleleng pada awal semester genap 2023/2024. 


Perlu diketahui bersama bahwa Pelaksanaan Pengimbasan sebanyak 120 JP dengan Pola In dan On peserta yang menyelesaikan program akan mendapatkan e-sertifikat dari Disdikpora Kab. Buleleng. Pelaksanaan, Pembiayaan dan Sarana Pengimbasan menggunakan dana BOSP masing-masing Sekolah dibawah koordinasi Korwil dan K3S masing-masing.Kegiatan juga diikuti Para Kasi Kurikulum, Para Koordinator Wilayah, Para Pengawas Sekolah, Para Kepala Sekolah dan Anggota Tim 7