(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR BIMTEK PENGASUHAN STIMULASI PENANGANAN STUNTING BAGI GURU PAUD

Admin disdikpora | 01 November 2022 | 660 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR BIMTEK PENGASUHAN STIMULASI PENANGANAN STUNTING BAGI GURU PAUD

Singaraja, Selasa 1 November 2022 | DISDIKTODAY

Mewakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, pagi ini Sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S. Pd, M. A. P hadir guna membuka secara resmi Bimbingan Teknis Pengasuhan Stimulasi Penanganan Stunting Bagi Guru PAUD Kabupaten Buleleng  bertempat di Korwil Disdikpora Kecamatan Buleleng, Selasa 1/11/22.


Dari sambutan Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, yang disampaikan Sekretaris Dinas, menjelaskan bahwa  melalui kegiatan ini kedepan Pendidik PAUD nantinya bisa memberikan sosialisasi dan informasi kepada orang tua siswa serta bisa menyebarkan informasi bagaimana cara menangani stunting. Lebih lanjut, guru  diharapkan selain menjalankan program pendidikan  juga menjalankan program kesehatan. Komitmen berjalan seiring seirama dengan program kemendikbudristek RI dengan program pendukungnya tentu menjadi hal yang penting agar penanganan stunting ini dapat berjalan dengan baik. Melalui kegiatan ini juga diharapkan  para peserta bisa memahami, mengerti dan menjadi pionir - pionir dalam pencegahan stunting di satuan - satuan Pendidikan yang di ampu sehingga dapat menurunkan angka stunting bisa turun 1 persen per - satu tahun di Kabupaten Buleleng. Peserta juga diharapkan  mempunyai pemahaman dan persepsi serta semangat yang sama untuk dapat berkontribusi maksimal  di wilayah masing-masing sesuai tugas dan kewenangan yang dimiliki dalam pencegahan stunting menuju generasi unggul, indonesia hebat. 



Sementara itu dari laporan Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Ni Ketut Santrini, S.Sos menyampaikan bahwa dari data Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Buleleng dapat disampaikan bahwa terdapat 23 Desa yang menjadi lokus stunting saat ini.  Desa tersebut antara lain  Desa Pegayaman, Cempaga, Sidatapa,Wanagiri, Tajun, Tirtasari, Mengening, Tunjung, Bontihing, Sepang, Kaliasem, Tigawasa, Dencarik, Sepang Kelod, Lokapaksa, Pangkungparuk, Depeha, Les, Munduk, Sembiran, Gesing, Bila, dan Tambakan.Terkait dengan hal tersebut,  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng sesuai tugas dan kewenangan yang dimiliki ikut berkontribusi dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Guru PAUD tentang perkembangan anak, pola hidup sehat, pola pengasuhan anak dan pengetahuan lainnya berkaitan dengan penanggulangan, pencegahan, serta penanganan stunting. Hasil yang diharapkan tentunya bisa meningkatan pengetahuan dan pemahaman guru PAUD tentang pentingnya penanganan stunting pada jenjang pendidikan anak usia dini dalam rangka mendukung tumbuh kembang anak


Kegiatan Bimbingan Teknis Pengasuhan Stimulasi Penanganan Stunting Bagi Guru PAUD Kabupaten Buleleng bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Guru PAUD  tentang pentingnya penanganan Stunting pada pendidikan anak usia dini, dalam rangka mendukung tumbuh kembang anak. 


Adapun narasumber yang akan dilibatkan sebanyak 6 orang, berasal dari tenaga pendidik PAUD yang telah mengikuti diklat Pendidikan Calon Pelatih oleh Pusat salah satunya Made Adipta, S.Sos selaku Ketua Pusat Kegiatan Gugus PAUD Kabupaten Buleleng  sekaligus sebagai narasumber  dengan materi tentang penyampaian  pokok dasar PAUD diantaranya  Pengertian PAUD, Tujuan dan ruang lingkup PAUD, Landasan YUridis PAUD, Landasan Filosopis PAUD dan Prinsip-prinsip pendekatan dalam pembelajaran AUD. Adapun peserta dari kegiatan ini terdiri dari unsur Koordinator Gugus Kecamatan  31 orang, IGTKI   1 orang, PKG  1 orang, Himpaudi  1 orang dan Penilik 1 orang.Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dimulai dari selasa, tanggal 1 sampai dengan 2 Nopember 2022.Dalam kegiatan ini turut hadir mendampingi, Kasi Kurikulum PAUD dan PNF, Komang Sudarsana, S.Pd dan widya prada ahli muda sub koordinator subtansi peserta  didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, SP.M.Pd.