(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA GELAR LOMBA SELEKSI FLS2N SMP SE-KABUPATEN BULELENG TAHUN 2024

Admin disdikpora | 26 April 2024 | 1360 kali

DISDIKPORA GELAR LOMBA SELEKSI FLS2N SMP SE-KABUPATEN BULELENG TAHUN 2024


Singaraja, Jumat 26 April 2024 | DISDIKTODAY

Di penghujung bulan April, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menggelar kegiatan Lomba Seleksi Festival Seni Siswa Nasional (FLS2N ) tahun 2024 Tingkat SMP Se- Kabupaten Buleleng bertempat di Gedung Sasana Budaya Singaraja, Jumat (26/4).


Kegiatan FLS2N tahun 2024 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A.P mewakili Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng.


Dalam pembacaan sambutan Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Sekretaris Dinas menyampaikan bahwa kegiatan ajang talenta merupakan wahana aktualisasi unjuk prestasi peserta didik, yang juga menjadi momentum untuk menemu kenali anak-anak berbakat atau yang mempunyai potensi talenta.Penyelenggaraan FLS2N SMP sebagai salah satu Upaya untuk mengembangkan jiwa seni peserta didik, karena akan menumbuhkan rasa cinta terhadap seni sehingga akan memberikan inspirasi mereka untuk melestarikan kesenian Indonesia dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa.


Lebih lanjut, dengan adanya kegiatan ini bisa memotivasi peserta didik dalam berkompetisi secara sehat dalam mencapai puncak prestasi serta bisa melahirkan peserta didik yang berprestasi dibidang seni.



Semnetara itu, dari laporan Kabid Pembinaan SMP, Putu Primasuta, S.Sn., M.Pd selaku Ketua Panita menyampaikan bahwa Pada tahun 2024, FLS2N SMP diselenggarakan secara tatap muka pada delapan cabang kesenian yang dilombakan secara berjenjang dari seleksi Tingkat Kabupaten hingga Nasional.


“Merdeka Berprestasi, Talenta seni menginspirasi adala tema FLS2N tahun 2024.Memberikan pengalaman berkompetisi untuk mencapai sumber daya manusia yang unggul di bidang seni, menumbuhkan kreativitas, membangun persahabatan  dan karakter peserta didik merupakan tujuan dari kegiatan ini.Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wadah bagi peserta didik untuk berkreasi dibidang seni.


Lebih lanjut, Adapun berbagai macam lomba diantaranya Ansambel Campuran diikuti 1 Peserta grup, Ilustrasi sebanyak 5 peserta, Kreativitas Musk Tradisional sebanyak 7 grup, menyanyi solo sebanyak 9 orang peserta dan Tari kreasi sebanyak 9 peserta.

Bagi para juara 1 sampai dengan 3 akan memperoleh Trophy,Bonus dan Piagam penghargaan serta bagi 2 peserta terbaik di FLS2N SMP Kabupaten Buleleng nantinya akan berlomba di ajang FLS2N Tingkat Provinsi pada bulan Mei.


Dalam kegiatan ini turut hadir Kasi Kurikulum SMP, Ketut Suardika, S.H., dan Kasi Kelembagaan Sarpras SMP,Luh Putu Dian Partina, S.E.