(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

JUARA UMUM TIGA, KONTINGEN PORJAR BULELENG RAIH PENINGKATAN MEDALI EMAS

Admin disdikpora | 08 Juni 2024 | 1062 kali

JUARA UMUM TIGA, KONTINGEN PORJAR BULELENG RAIH PENINGKATAN MEDALI EMAS


Singaraja, Sabtu 8 Juni 2024 l DISDIKTODAY

Porjar Bali 2024 resmi ditutup  oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, Dr. KN. Boy Jayawibawa, M.Si., Sabtu (8/6) bertempat di aula Disdikpora Provinsi Bali.


Walaupun belum mampu menggeser Kabupaten Badung di posisi kedua, namun Kabupaten Buleleng sukses mengamankan posisi ketiga dengan raihan 138 medali emas, 146 perak, dan 202 perunggu dengan total keseluruhan 486 medali. Jumlah tersebut mengalami peningkatan signifikan dari edisi sebelumnya.


Perlu diketahui bersama bahwa ditahun 2023, Buleleng hanya meraih 354 medali dengan 100 medali emas, 112 perak, 142 perunggu, dan 3 medali perunggu di bidang seni. Sedangkan pada tahun 2019, Buleleng meraih total 300 medali dengan 73 emas.


Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang juga selaku Ketua Panitia Porjar Bali Kontingen Buleleng Made Astika, S.Pd., M.M., mengatakan meski hanya menerjunkan 887 atlet, Buleleng mampu bertahan di posisi ketiga. Hal ini menurutnya karena semangat juang yang tinggi dari Kontingen Buleleng di Porjar Bali 2024.


"Walaupun jumlah atlet kita tidak sebanyak Denpasar dan Badung, kita berhasil mengamankan posisi ketiga. Dilihat dari perolehan medali, kita mengalami peningkatan medali yang sangat signifikan," ujarnya.


Kadis Astika seusai acara penutupan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para atlet, pelatih, dan official karena telah berjuang meraih hasil yang terbaik. Pihaknya memastikan bahwa pembibitan dan pembinaan para atlet akan terus diintensifkan. Pemerintah juga telah menyiapkan bonus bagi para atlet sebagai bentuk apresiasi perjuangan mereka.


Lebih lanjut terkait bonus, Disdikpora Kabupaten Buleleng akan segera melaporkan hasilnya kepada Pj Bupati Buleleng. Namun yang perlu diperhitungkan adalah peningkatan medali di tiap event olahraga pelajar ini untuk mendapatkan reward. 


Pada Porjar Bali 2024, Kontingen Buleleng menerjunkan 1.069 orang yang terdiri dari 887 orang atlet, 149 orang pelatih atau ofisial, dan 33 orang panitia. Buleleng mengikuti 30 cabang olahraga yang terdiri dari 8 cabor resmi, 13 cabor gotong royong, 9 cabang olahraga gotong royong murni, dan mengikuti 10 cabang olahraga eksebisi.