(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SATDIK BULELENG KEMBALI MENERIMA MAHASISWA ASISTENSI MENGAJAR

Admin disdikpora | 05 Maret 2024 | 1332 kali

SATDIK BULELENG KEMBALI MENERIMA MAHASISWA ASISTENSI MENGAJAR


Singaraja, Selasa 5 Maret 2024 | DISDIK TODAY

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P seijin Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng menghadiri Penyerahan Mahasiswa Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan Semester Genap 2024 di Gedung Seminar Confusius Balingkang Kampus Universitas Pendidikan Ganesha, Selasa,(5/3).


Dalam laporan Ketua Pusat Pratek Lapangan Persekolahan (PPLP) Undiksha I Putu Mas Dewantara disampaikan bahwa mahasiswa yang mengikuti program ini sebanyak 533 orang tersebar dalam dua wilayah sesuai dengan domisili kampus, dan sebagian besar berlokasi di Kabupaten Buleleng. Sebanyak 55 satian pendidikan menjadi sasaran program mulai jenjang SD SMP SMA dan SMK. Lebih lanjut disampaikan bahwa seluruh mahasiswa merupakan mahasiswa program studi ilmu pendidikan yang akan menempuh program selama satu semester hingga akhir Juni 2024.


Sementara Wakil Rektor I Undiksha, Prof. Dr. Gede  Rasben Dantes, S.T.M.T.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa fokus program asistensi mengajar saat ini adalah pada kemampuan literasi siswa yang sebelumnya pada satuan pendidikan aman bencana. Program ini diarahkan agar mahsiswa mendapatkan pengalaman di satuan pendidikan sebelum mereka nantinya terjun menjadi pendidik.  Sehingga memberikan pengalaman lapangan dan mengetahui situasi kondisi satuan pendidikan dimana mereka ditempatkan.


Dalam kesempatan itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Undiksha yang senantiasa melaksanakan kegiatan pelatihan bagi mahasiswa di satuan pendidikan. Hal ini tentunya akan mewarnai  satuan pendidikan dalam melakukan implementasi program pendidikan yang berkaitan dengan mata kuliah yang diikuti oleh mahasiswa, dan mata pelajaran yang nantinya diberikan oleh guru Pamong maupun pihak satuan pendidikan. Diharapkan para mahasiswa dapat menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pihak sekolah agar proses pelaksanaan asistensi mengajar ini berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.


Di samping itu nantinya agar diperhatikan juga bahwa ada beberapa sekolah yang masuk dalam kategori sekolah penggerak maupun sekolah pusat keunggulan. Untuk itu mahasiswa diharapkan dapat mengimplementasikan apa yang sudah didapatkan selama perkuliahan dan tentunya mengadaptasi ataupun mengakomodir hal-hal yang baru ditemukan di satuan pendidikan sebagai referensi dalam melanjutkan studinya.


Selain Wakil Rektor I Undiksha kegiatan yang berlangsung di Ruang Seminar Confusius Balingkang ini juga dihadiri para Ketua Jurusan dan Ketua Program studi di lingkungan Undiksha. Para Kepala Satuan Pendidikan Mitra dan perwakilan mahasiswa yang akan bertugas nantinya. Acara ditandai dengan penyerahan dokumen daftar peserta dari pihak Rektor kepada Disdikpora Kabupaten Buleleng dan dari pihak Disdikpora Kabupaten Buleleng melanjutkan ke perwakilan kepala satuan pendidikan.