(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

WORKSHOP IKM SASAR PERWAKILAN TIM PENYUSUN KURIKULUM SATUAN PAUD

Admin disdikpora | 27 Juni 2022 | 432 kali

WORKSHOP IKM SASAR PERWAKILAN TIM PENYUSUN KURIKULUM SATUAN PAUD


Lovina, Senin 27 Juni 2022 l DISDIKTODAY

Siang menuju sore hari, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M., berkesempatan hadir membuka kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan PAUD bertempat di Hotel Aneka Lovina, Senin 27/6/22.


Kadisdikpora Made Astika, saat memberikan arahan dan sambutan menyampaikan bahwa dalam implementasi kurikulum merdeka  ini Bapak Ibu guru nantinya bisa melakukan penyesuaian-penyesuaian pembelajaran  dan tentunya hal ini bisa dilakukan dengan meng-update diri sendiri melalui aplikasi dan sarana pendukung yang sudah disiapkan oleh pemerintah.Salah satu aplikasi yang dipertegas dalam pertemuan ini adalah penggunaan aplikasi merdeka mengajar  sebagai salah satu tuntunan untuk melaksanakan implemnetasi kurikulum merdeka sebagai juga aktivasi dari akun belajar.id yang nantinya sangat membantu bapak ibu guru dalam proses pembelajaran maupun administrasi kependidikan sebagai seorang guru.


Perlu diketahui bersama bahwa dari 21 Episode Merdeka Belajar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng sudah menerapkan 10 episode merdeka belajar. Harapan kedepan semua peserta yang ikut dalam kegiatan ini bisa memahami  dan mengerti serta mampu melakukan action dilapangan. Selain itu, guru harus mempersiapkan perangkat ajar, guru diharapkan merubah diri terhadap metode pembelajaran  paradigma baru dalam artian bagaimana mengajar siswa dengan memanfaatkan teknologi salah satunya harus mempunyai akun belajar. Id. Selanjutnya mengenai Asesmen, bagaimana guru - guru bisa menyusun naskah asesmen dan bagaimana mengetahui tingkat literasi, numerasi dan karakter di satuan Pendidikan.



Sementara itu, Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Ni Ketut Santrini, S.Sos. menyampaikan bahwa kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Satuan PAUD mempunyai tujuan untuk memberikan pemahaman kepada tim penyusun kurikulum satuan PAUD tentang struktur kurikulum merdeka serta implementasinya dalam rangka pemulihan pembelajaran. Sementara untuk pelaksanakan kegiatan dimulai dari 27 Juni sampai dengan 30 Juni 2022 dengan melibatkan narasumber dari Unsur Dosen PG-PAUD Undiksha Singaraja sebanyak 2 orang, Unsur Dosen UNIPAS Singaraja yang berstatus sebagai Pelatih Ahli PSP PAUD Buleleng sebanyak 2 orang dan Unsur Kepala Sekolah Pelaksana PSP Tahap 1 sebanyak 2 orang.Pelaksanakan kegiatan dimulai dari 27 Juni sampai dengan 30 Juni 2022


Untuk peserta kegiatan ini berjumlah 30 orang yang merupakan perwakilan tim penyusun kurikulum satuan PAUD baik Negeri maupun Swasta se - Kabupaten Buleleng. 

Adapun hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini antara lain: Peserta dapat menyusun dan mengimplementasikan kurikulum merdeka pada  satuan masing-masing,Peserta mampu mengimbaskan materi yang didapatkan 

kepada satuan pendidikan lainnya di wilayah kecamatan masing-masing  melalui pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan oleh PKG, HIMPAUDI, IGTKI dan Peserta siap untuk mengikuti program PSP pada tahap berikutnya.Dalam kegiatan ini turut hadir  Kasi Kurikulum PAUD dan PNF,Komang Sudarsana, S.Pd Widya Prada Ahli Muda Subkor Peserta Didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, S.P, M.Pd.