(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BUKA BIMTEK, KADIS ASTIKA HARAP OPTIMAL DALAM PEMANFAATAN PMM PAUD DAN PNF

Admin disdikpora | 25 Juni 2024 | 934 kali

BUKA BIMTEK, KADIS ASTIKA HARAP OPTIMAL DALAM PEMANFAATAN PMM PAUD DAN PNF

Lovina, Selasa 25 Juni 2024 | DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M.,  secara resmi membuka Bimbingan Teknis Optimalisasi Pemanfaatan Platform  Merdeka Mengajar PAUD dan PNF bertempat di Hotel Aneka Lovina Villas & Spa , Selasa, (26/6).

Saat memberikan arahan dan sambutan, Kadis Astika berharap kegiatan ini dapat memberikan  dampak serta manfaat yang sebesar besarnya terhadap  peningkatan kualitas layanan pendidikan khususnya pada jenjang PAUD dan PNF.Lebih lanjut, dengan perpaduan konsep pembelajaran yang modern, berdiferensiasi, optimalisasi kearifan lokal dan pemanfaatan segala potensi yang dimiliki sebagai salah satu bagian dari pencirinya, dipercaya akan mampu membentuk insan yang cerdas, berkarakter serta memiliki profil pelajar pancasila.

“Guru harus memiliki kemampuan mengelola kegiatan belajar mengajar di kelas dengan efektif dan menyenangkan. Selain itu,  guru juga dituntut agar mampu membangun hubungan yang kolaboratif dengan peserta didik dan komunitas sekolah, dapat menggunakan teknologi untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran, serta melakukan refleksi atau perbaikan-perbaikan pembelajaran berikutnya”, ujarnya

Sementara itu, dari laporan Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Komang Sudarsana, S.Pd., M.Pd., didampingi Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik Bidang Pembinaan PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, SP., M.Pd., menyampaikan bahwa tujuan bimtek ini diharapkan seluruh satuan PAUD dan PNF Kabupaten Buleleng mempunyai persepsi, motivasi dan semangat yang sama dalam mengadaptasi segala perubahan yang ada untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan platform merdeka mengajar secara optimal dan terus berupaya menyempurnakan implementasi kurikulum merdeka sesuai dengan situasi, kondisi, kebutuhan, serta kemampuan yang dimiliki. 


Disamping itu, seluruh komponen yang menjadi peserta kegiatan agar dapat merancang rencana tindaklanjut yang nantinya dapat menggerakkan seluruh satuan pendidikan baik PAUD maupun PNF Kabupaten Buleleng dalam rangka optimalisasi pemanfaatan PMM. Kenaikan level IKM juga menjadi sebuah harapan, yang pada saat ini posisinya masih di level mandiri belajar dapat menaikkan status ke level mandiri berubah atau bahkan ke level mandiri berbagi. Hal tersebut tentu akan berdampak terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran di Satuan Pendidikan menuju arah yang lebih baik.


Kegiatan berlangsung selama 4 hari, dimulai pada hari Selasa, 25 Juni sampai  dengan Jumat, 28 Juni 2024 diikuti oleh 49 orang perwakilan dari Ketua IPI Kabupaten Buleleng, TK Negeri Pembina Kecamatan se-Kabupaten Buleleng, PAUD Percontohan, Perwakilan dari TK Negeri  se- Kabupaten Buleleng dengan capaian PMM paling rendah, Ketua PKG Kecamatan se Kabupaten Buleleng, Ketua IGTKI Kecamatan se - Kabupaten Buleleng, Perwakilan dari SPNF SKB Buleleng, dan Perwakilan dari PKBM se Kabupaten Buleleng.


Sementara itu, kegiatan ini menhadirkan narasumber dari Kepala/Pejabat Disdikpora Kabupaten Buleleng , Dosen Panji Sakt,  Danu Setiawan Fasilitator PSP. Nisa Fasilitator PSP , Kapten Belajar Id. Provinsi Bali Komang Budiadnya, S.Pd, Kepala Sekolah Pelita Kasih (PSP 1) Ni Luh Pudi Arsini, S.Pd, dan Kepala TK Negeri Desa Banjar Tegeha (PSP 1)  Nyoman Sudiatmika, S.Pd AUD