(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG INGATKAN TRANSISI PAUD KE SD HARUS MENYENANGKAN

Admin disdikpora | 21 Februari 2024 | 1406 kali

KADISDIKPORA BULELENG INGATKAN TRANSISI PAUD KE SD HARUS MENYENANGKAN

Singaraja, Rabu 21 Februari 2024 | DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M. secara resmi mebuka kegiatan Sosialisasi Penguatan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan bertempat di Aula Korwil Disdikpora Kecamatan Buleleng, Rabu (21/2).


Dari penyampaian sambutan dan arahan Kadis Astika menyampaikan bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Merdeka Belajar Episode ke-24. Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Kebijakan tertelah sebut digulirkan guna mengakhiri miskonsepsi tentang baca, tulis, hitung (calistung) pada PAUD dan SD/MI/sederajat kelas awal (kelas 1 dan 2) yang masih sangat kuat di masyarakat.


Fokus yang pertama, transisi PAUD ke SD perlu berjalan dengan mulus. Proses belajar mengajar di PAUD dan SD/MI/sederajat kelas awal harus selaras dan berkesinambungan. Fokus kedua, setiap anak memiliki hak untuk dibina agar kemampuan yang diperoleh tidak hanya kemampuan kognitif, tetapi juga kemampuan fondasi yang holistik, seperti kematangan emosi, kemandirian, kemampuan berinteraksi, dan lainnya. Fokus ketiga adalah terkait kemampuan dasar literasi dan numerasi harus dibangun mulai dari PAUD secara bertahap dan dengan cara yang menyenangkan. Dan fokus keempat, “siap sekolah” merupakan proses yang perlu dihargai oleh satuan pendidikan dan orang tua yang bijak. Setiap anak memiliki kemampuan, karakter, dan kesiapan masing-masing saat memasuki jenjang SD, sehingga tidak dapat disamaratakan dengan standar atau label-label tertentu. Siap sekolah adalah proses, bukan hasil. Bukan sekadar pemberian label antara anak yang sudah siap atau belum siap sekolah.


Sementera itu, dari laporan Kabid Pembinaan SD, Dra. Made Sri Suparmi didampingi Kasi Kurikulum SD I Ketut Agus Susilawan, S.Pd., M.Pd melaporkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman yang utuh pada kepala sekolah dan guru kelas awal tentang pentingnya penguatan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Kepala sekolah dan seluruh stakholder pendidikan pada satuan pendidikan mampu membangun lingkungan belajar yang mendukung Transisi PAUD ke SD, yang menyenangkan, Kepala sekolah dan seluruh stakholder pendidikan pada satuan pendidikan mampu membangun kemampuan literasi numerasi secara bertahap sejak PAUD hingga SD kelas awal serta Kepala sekolah dan seluruh stakholder pendidikan pada satuan Pendidikan membangun kemampuan fondasi secara holistik dan bertahap sejak PAUD hingga SD kelas awal.


Sementara itu, peserta kegiatan adalah terdiri dari Kepala sekolah SD beserta guru kelasa I atau kelas II se Kabupaten Buleleng yang terdiri dari 5 orang kepala sekolah dan 5 orang guru kelas I atau kelas II dari masing-masing kecamatan, secara keseluruhan berjumlah 90 orang dengan menghadirkan narasumber dari Widya Prada Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bali. Dalam kegiatan ini turut mendampingi Korwil Disdikpora Kecamatan Buleleng, I Nyoman Rauh, M.Pd.