(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RAPAT PEMBAHASAN TINDAK LANJUT REKOMENDAI HASIL AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN JENJANG SD DAN SMP TAHUN 2020

Admin disdikpora | 26 Januari 2021 | 226 kali

RAPAT PEMBAHASAN TINDAK LANJUT REKOMENDAI HASIL AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN JENJANG SD DAN SMP TAHUN 2020

Singaraja, Selasa 26 Januari 20201|DISDIKTODAY
Menindaklanjuti surat Ketua BAN-S/M Provinsi Bali Nomor 10/BANP-SM/LL/I/2021 Tertanggal 7 Januari 2021 perihal hasil Akreditasi dan rekomendasi tindak lanjut hasil akreditasi tahun 2020, maka Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menggelar rapat pembahasan tindak lanjut rekomendasi hasil akreditasi satuan pendidikan jenjang SD dan SMP tahun 2020.

Seijin Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, pada pertemuan kali ini dipimpin langsung oleh PLT. Sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P. didampingi Kasubbag Perencanaan, Gede Wardana, S.Kom. bertempat di Aula kantor dinas, Selasa (26/1/21).

Saat memimpin rapat PLT. Sekretaris Dinas menyampaikan bahwa ada beberapa poin maupun catatan yang menjadi perhatian diantaranya Khusus untuk jenjang SD dan SMP sesuai dengan kewenangan Pemerintah Kabupaten Buleleng menindaklanjuti dan disinkronisasikan dengan rencana kerja tahun 2021 dan ditahun mendatang.Hal ini dikarenakan untuk program kerja tahun 2021, merupakan rangkaian program kerja lima tahunan RPJMD.Perlu diketahui bersama untuk di tahun 2021, Disdikpora Kabupaten Buleleng mempunyai beberapa target sasaran satuan pendidikan dalam peningkatan akreditasi diantaranya pada jenjang PAUD, SD, SMP dan Kesetaraan.Darisanalah Disdikpora Kabupaten Buleleng mencoba mereview sejauh mana capaian yang sudah dihasilkan dari pelaksanaan akreditasi.

Sebelum acara selesai, kegiatan didisi dengan diskusi baik dari Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng, Korwas Disdikpora Kab. Buleleng, Ketua KKPS SD, MKPS SMP Kab. Buleleng dan disertai dengan laporan dari masing-masing Kabid dari jenjang PAUD dan PNF, SD dan SMP terkait data satuan pendidikan yang sudah memproleh akreditasi A.

Selanjutnya, Secara umum dari hasil akreditasi tercatat di tahun 2020 sudah melampau target sebagaimana yang di pasang pada rencana kerja pemerintah daerah.Seperti halnya untuk jenjang SD saat ini ada 149 sekolah yang sudah terakreditasi A dari capaian target 120 sekolah.Selain itu untuk SMP dari target 45 sekolah saat ini sudah tercapai 48 terakreditasi A.

Namun secara keseluruhan satuan pendidikan semua sudah melengkapi diri dengan akreditasi baik dimulai dari Akreditasi A, B dan C.Bilamana Satuan Pendidikan masih terakreditasi C sebagian besar sekolah belum terpenuhi untuk sarana prasarana dan biasanya ada pada satuan pendidikan kecil dalam artian belum bias memenuhi sarana dan prasarana secara mandiri.

Selain itu dari hasil pembahasan ini dapat dipetakan bahwa untuk hasil BAN-S/M ditingkat Provinsi mengarahkan ada empat komponen yang menjadin unsur dalam akreditasi diantaranya mutu lulusan, proses pembelajaran, Guru dan Tenaga Kependidikan serta Manajemen Sekolah.Dari keempat hasil komponen tersebut untuk mutu lulusan dan Proses pembelajaran memproleh nilai yang cukup baik sedangkan untuk kualitas Guru dan Tenaga Kependidikan serta Manajemen Sekolah masih kurang baik.Kedepan inilah yang menjadi perhatian bersama agar bisa dipertahankan bagi capaian yang sudah baik dan ditingkatkan kembali bagi yang belum tercapai secara maksimal.