KADISDIKPORA BULELENG RESMI TUTUP BIMTEK PENGUATAN LITERASI MULTIMODAL
Buleleng, Sabtu 19 Oktober 2024 l DISDIKTODAY
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., secara resmi menutup Bimtek Strategi Penguatan Lingkungan Literate Multimodal dan Penulisan Teks Stimulus untuk Integrasi Isu Prioritas dalam Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Buleleng Tahun 2024 bertempat di The Grant Villandra Resort, Tukadmungga, Sabtu (19/10).
Dalam sambutannya, Kadis Astika menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta, narasumber, dan panitia yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. “Bimtek ini merupakan langkah penting dalam upaya kita untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Buleleng. Dengan menguasai strategi penguatan literasi multimodal dan menulis teks stimulus, para guru diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna bagi siswa,” ujar Kadis Astika.
Dirinya juga berharap hasil dari bimtek ini dapat segera diimplementasikan di masing-masing sekolah. Dengan demikian, kualitas pembelajaran di Kabupaten Buleleng dapat terus meningkat dan siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di masa depan.
Sementara itu, dari laporan Kasi Kurikulum dan Peserta Didik SD, I Ketut Agus Susilawan, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa kualitas literasi perlu mendapatkan intervensi maksimal melalui berbagai kegiatan peningkatan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran yang berorientasi pada kegiatan-kegaiatan literasi baik menulis, membaca, menyimak, dan berbicara.
Lebih lanjut, Bimtek ini bertujuan untuk memperkuat implementasi literasi dan keterampilan guru dalam mengembangkan stimulus berbasis teks multimodal dan isu prioritas.
Dalam 4 hari Bimtek, peserta akan belajar memahami literasi, mengenal berbagai jenis teks dan wacana berkualitas, serta mempraktikkan penyusunan stimulus dan pertanyaan yang relevan dengan pembelajaran berbasis kognitif setara AKM. Stimulus adalah segala hal yang memicu siswa terlibat dalam aktivitas membaca, menulis, atau berkomunikasi. Stimulus dalam pelatihan ini berupa teks nonfiksi. Stimulus memegang peran penting dalam peningkatan kecakapan literasi
Tujuan kegiatan “Bimtek Strategi Penguatan Lingkungan Literate Multimodal dan Panulisan Teks Stimulus Untuk Integrasi Isu Prioritas Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Buleleng Tahun 2024” ini adalah memperkuat implementasi literasi dan keterampilan guru dalam mengembangkan stimulus berbasis teks multimodal dan isu prioritas, Membangkitkan minat dan motivasi membaca bagi guru, Meningkatkan pemahaman guru, Memperluas wawasan guru, Mengembangkan kemampuan berpikir guru, dan Meningkatkan kemampuan berkomunikasi guru.
Perlu diketahui bersama bahwa kegiatan ini diikuti Guru-guru SD se-Kabupaten Buleleng sebanyak 54 orang yang terdiri dari 6 orang dari 9 kecamatan.