(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KUNKER DPRD TABANAN KE BULELENG, KADISDIKPORA PAPARKAN PELAKSANAAN PTMT DI MASA COVID - 19

Admin disdikpora | 18 Februari 2022 | 124 kali

KUNKER DPRD TABANAN KE BULELENG, KADISDIKPORA PAPARKAN PELAKSANAAN PTMT DI MASA COVID - 19


Singaraja, Jumat 18 Februari 2022 l DISDIKTODAY


Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd, M. M didampingi Sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S. Pd, M. A. P., menghadiri undangan rapat kunjungan kerja pimpinan dan Anggota Komisi I, II, III & IV DPRD Kabupaten Tabanan, bertempat di Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Jumat, 18/2/22.



Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng dalam pertemuan ini berkesempatan menyampaikan paparan tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di masa Covid - 19.Secara umum,  pembelajaran tatap muka sebelum meningkatnya kasus Covid - 19, Disdikpora Kabupaten Buleleng mengarahkan satuan Pendidikan untuk membuka pembelajaran tatap muka secara terbatas tentu dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan mengacu kepada peraturan SKB empat Menteri yang berlaku saat itu. Namun, seiring dengan melonjaknya kasus covid -19 di awal tahun ini, dibarengi dengan adanya siswa, Guru dan Tenaga Kependidikan yang terkonfirmasi Covid -19, akhirnya Pembelajaran Tatap Muka secara terbatas kembali ditutup dan pembelajaran dilaksanakan dengan daring dan luring/Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 



Dari sisi Kesehatan dan Keselamatan, pemenuhan sarpras prokes di sekolah dengan memanfaatkan Dana BOS  mulai dari tempat cuci tangan, ketersediaan masker dan lain sebagainya sudah dipersiapkan secara matang. Bahkan untuk ketersedian cadangan masker bagi warga sekolah, Disdikpora Buleleng juga sudah bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Buleleng. Langkah selanjutnya yaitu tindakan tresing bagi warga sekolah baik bekerjasama  dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, Satgas penangganan Covid Kabupaten Buleleng, TNI dan Polri juga sudah dilaksanakan untuk mencegah adanya penyebarluasan Covid - 19.Selain itu, Vaksinasi Bagi siswa, Guru dan Tenaga 

Kependidikan hingga Pimpinan dan Pejabat serta karyawan dan karyawati lingkup Disdikpora Kabupaten Buleleng juga sudah dilaksanakan. 



Sampai saat ini, Disdikpora Kabupaten Buleleng untuk proses pembelajaran di satuan pendidikan kembali menggunakan sistem daring dan luring / pembelajaran jarak jauh ( PJJ). Untuk Daring siswa dan guru bisa memanfaatkan platform akun belajar.Id, google meet dan aplikasi pembelajaran lainnya, apalagi di Kabupaten Buleleng sudah memiliki Guru yang tergabung dalam program Google Master Training, Guru Penggerak dan Sekolah Penggerak yang diharapkan semakin inovatif dlam melaksanakan pembelajaran sehingga semua siswa memperoleh pelayanan pendidikan yang berkualitas. 




Sementara itu, pertemuan  kali ini dipimpin Bupati Buleleng yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Buleleng, Ir. Nyoman Genep, MT. Selain penyampaian tentang pembelajaran tatap muka, dalam acara ini juga dipaparkan Penerapan Protokol Kesehatan oleh instansi  pelayanan umum Kabupaten Buleleng, Strategi penanganan Infrastruktur di masa pandemi covid -19, Optimalisasi PAD melalui peran serta Perusda dan OPD terkait dimasa Pandemi covid - 19.Kegiatan ini juga mengundang Kepala Diskominfosanti Kabupaten Buleleng, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, Kepala Bappeda Kabupaten Buleleng, Kepala BPKPD Kabupaten Buleleng dan BPBD kabupaten Buleleng.