(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG LAKUKAN SELEKSI PEMUDA PELOPOR TAHUN 2024

Admin disdikpora | 03 Mei 2024 | 1249 kali

DISDIKPORA BULELENG LAKUKAN SELEKSI PEMUDA PELOPOR TAHUN 2024


Singaraja, Jumat 3 Mei 2024 l DISDIKTODAY 

Bertempat di aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Jumat (3/5), kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid Pembinaan Pemuda dan Olahraga, Putu Pasek Sujendra, S.Pd., didampingi Kasi Pemuda, Trisnayanti.


Dalam penyampaian sambutan dan arahan pimpinan dapat disampaikan bahwa  saat ini Indonesia dihadapkan pada tantangan besar, yaitu bagaimana memperkuat karakter dan jati diri pemuda di era globalisasi, meningkatkan daya saing pemuda untuk menghadapi peluang bonus demografi menuju Indonesia Emas 2045 dan optimalisasi peran organisasi kepemudaan dalam pengembangan kepemimpinan dan kepeloporan pemuda.


Maka dari pada itu, pihaknya berharap sebagai pemuda harus selalu siap menghadapi tantangan tersebut.Melalui seleksi pemuda pelopor tahun 2024  tentu memberikan  kesempatan yang seluas-luasnya bagi pemuda untuk berperan aktif dalam pembangunan di segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Hal ini menumbuhkan kepeloporan di kalangan pemuda.Bukan hanya itu saja, seleksi pemuda pelopor  merupakan upaya pemerintah dalam mempersiapkan pemimpin di masa depan dan menyongsong Indonesia Emas 2045.


Sementara itu, salah satu dewan juri Dr. Ni Putu Ayu Hervina Sanjayanti, M.Pd yang juga selaku forum pembina Pemuda Pelopor Kabupaten Buleleng mengungkapkan bahwa  peserta yang ikut seleksi sebelumnya sudah menuntaskan seleksi pada tahap administrasi. Setelah administrasi terpenuhi maka peserta lanjut mengikuti tahap wawancara dan presentasi. Dari total Peserta 15 orang ada 2  orang mengundurkan diri dan  3 orang  tidak bisa mengikuti sesi presentasi.


Perlu diketahui bersama ada 8 orang yang ikut dalam seleksi kali ini dari Bidang Pangan 3 orang diantaranya I Komang Edi Juliana, Ketut Hery Sony Pratama, Komang Wisnu Prabudiningrat. Bidang seni budaya 2 orang yakni Kadek Angga Wahyu Pradana,S.Sn.,M.Sn., dan Kadek Agus Artana, S.Pd. Inovasi Teknologi 1 orang  yakni Gede Arya Amerta, Pengelolaan SDA Lingkungan Pariwisata 1 orang Komang Agus Aryana Gibran dan dari bidang Pendidikan 1 orang I Gede Yudiantara, S.Pd.


Lebih lanjut, Dr. Hervina bersama Kadek Surya Darmawan, S.Pd., M.M.,  Putu Eka Perasetia, S.Sos., S.Pd., Ketut Wiryadana, S.Pd., Komang Eri Mahayasa, S.Pd selaku dewan juri dan pembina setelah melakukan seleksi berikut nama - nama peserta yang akan melaju ke tingkat Provinsi : Bidang Pangan, I Komang Edi Juliana, Pendidikan,  I Gede Yudiantara, S.Pd., Pengelolan SDA Lingkungan Pariwisata,  Komang Agus Aryana, Seni Budaya, Kadek Angga Wahyu Pradana,S.Sn.,M.Sn. untuk yang inovasi Teknologi Gede Arya Amerta akan disiapkan untuk seleksi tahun depan.


Kedepan, harapan besar dari dewan juri  dan pembina semoga ada perwakilan pemuda pelopor kabupaten Buleleng  lolos ke tingkat nasional seperti tahun-tahun sebelumnya.Perlu diketahui bersama bahwa untuk seleksi tingkat Provinsi akan dilaksanakan pada tanggal 15 sampai dengan 17 Mei 2024.