(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RATUSAN GURU IKUTI RAPAT PERSIAPAN TEKNIS FESTIVAL OLAHRAGA PENDIDIKAN TAHUN 2024

Admin disdikpora | 03 September 2024 | 785 kali

RATUSAN GURU IKUTI RAPAT PERSIAPAN TEKNIS FESTIVAL OLAHRAGA PENDIDIKAN TAHUN 2024


Singaraja,  Selasa 3 September 2024 l DISDIKTODAY

Seperti kita ketahui bersama, Kabupaten Buleleng mendapatkan kehormatan dengan ditunjuk langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan event olahraga tingkat nasional ini. Kepercayaan yang diberikan ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi seluruh masyarakat Buleleng.


Terkait hal tersebut, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menggelar rapat teknis sebagai bagian dari rangkaian persiapan Festival Olahraga Pendidikan 2024 bertempat di GOR Bhuana Patra Singaraja, Selasa ( 3/9)


Seijin Kepala Disdikpora  Kabupaten Buleleng, pertemuan dipimpin Kabid Pemuda dan Olahraga, Putu Pasek Sujendra, S.Pd, didampingi Analis kebijakan ahli Muda Subkoor Pembibitan dan Prestasi Olahraga, Nyoman Omy Anggreni, S.Pd., M.A.P, Analis kebijakan ahli Muda Subkoor Pemuda, Trisnayanti,  hadir pula Wakil Ketua 1 KONI Kabupaten Buleleng, I Nyoman Suasana, SS., SH.Ketua Umum IGORNAS Kabupaten Buleleng, I Made Sumarga Jaya.


Peserta yang diundang dalam rapat teknis ini adalah Guru Olahraga dari semua jenjang satuan pendidikan sekaligus menjadi peserta dalam ajang Festival Olahraga Pendidikan ( FOP ) Tahun 2024.


Dalam rapat tersebut, berbagai hal teknis dibahas secara mendalam, mulai dari jadwal pertandingan, venue, hingga kebutuhan sarana dan prasarana.


Perlu diketahui bersama bahwa Festival Olahraga Pendidikan merupakan implementasi dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Adapun visi DBON adalah mewujudkan Indonesia bugar, berkarakter unggul dan berprestasi dunia. Sedangkan misi DBON bidang olahraga pendidikan adalah mewujudkan peserta didik pada satuan pendidikan yang berpartisipasi aktif berolahraga sehingga berkarakter unggul, memiliki kecakapan gerak, dan tingkat kebugaran jasmani baik.


FOP tahun 2024 bertujuan untuk mengembangkan literasi fisik dan menumbuhkan keterampilan kepemimpinan peserta didik.


Dalam FOP tahun 2024 terdapat beberapa jenis lomba/permainan antara lain, Estafet Lokomotor dan/atau Estafet Halang Rintang, Lompat Tali, Circuit Games dan olahraga tradisional yang khusus menyasar para peserta didik pada jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs,  SMA/SMK/MA/sederajat pada tingkat Kab/Kota.