(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

UPACARA PECARUAN BALIK SUMPAH LAN MELASPAS TUGU SARASWATI DI AREA HALAMAN KANTOR DISDIKPORA KABUPATEN BULELENG.

Admin disdikpora | 10 September 2022 | 374 kali

UPACARA PECARUAN BALIK SUMPAH LAN MELASPAS TUGU SARASWATI DI AREA HALAMAN KANTOR DISDIKPORA KABUPATEN BULELENG.

Sabtu, 10 September 2022 | DISDIKTODAY

Pada Tanggal 10 September 2022, bertepatan dengan Rahina Saniscara Wage, Wuku Prangbakat nuju Purnama Katiga, keluarga besar Disdikpora Kabupaten Buleleng melaksanakan Rangkaian Upacara Pecaruan Balik Sumpah Lan Melaspas Tugu Saraswati di Area Halaman Kantor Disdikpora Kabupaten Buleleng.


Di puncak acara pecaruan balik sumpah lan pemelaspas di area Disdikpora Kabupaten Buleleng dipuput oleh Ratu Ida Peranda Siwa sareng Ratu Ida Peranda Buda Lanang lan  Istri. Lebih lanjut, Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M menyampaikan bahwa Upacara pecaruan Balik Sumpah di Area Kantor Disdikpora Kabupaten Buleleng dilatarbelakangi dengan adanya kesamaan pemikiran dan pandangan karyawan/karyawati Disdikpora Kabupaten Buleleng dalam mewujudkan swadharma dan bhaktinya kepada ida Sanghyang Widhi Wasa, Ida Sesuhunan yang melingga dan melinggih di Area Kantor Disdikpora Kabupaten Buleleng, mengingat selama kurang lebih 30 tahun terakhir sampai saat ini belum pernah melaksanakan upacara pecaruan Balik Sumpah di Kantor Disdikpora Kabupaten Buleleng. Sebagaimana kita ketahui bahwa area dan bangunan Kantor Disdikpora Kabupaten Buleleng merupakan bangunan peninggalan sejak masa pemerintahan Belanda.


Disamping itu saat ini terdapat bangunan Patung Saraswati yang sudah kami dapati sehingga perlu mendapatkan penyucian dalam bentuk Upacara Pemelaspas. Dimana nantinya Patung ini berfungsi sebagai Tugu Pralingga Ida Sanghyang Widhi Wasa dalam Manifestasinya berwujud Dewi Saraswati, Sakti dari Dewa Brahma simbol Ilmu Pengetahuan. Dengan adanya penyucian ini, maka setiap 210 hari tepatnya pada Hari Saniscara Umanis Watugunung sebagai Hari Raya Sawraswati, Hari Raya Turunnya Ilmu Pengetahuan akan diadadakan upacara Piodalan Saraswati sebagaimana dirayakan di satuan pendidikan yang ada di Bali.


Upacara Pecaruan Balik Sumpah Lan Pemelaspas ini bertujuan untuk melaksanakan pebersihan baik sekala dan niskala untuk menjaga keseimbagan bhuana alit dan bhuana agung serta memohon pengampunan bilamana ada hal-hal yang in-harmonis menjadi harmoni serta memohon keselamatan dan kesejahteraan jagat raya beserta segala isinya, utamanya mengharmonisasi kondisi area Kantor Disdikpora Kabupaten Buleleng sehingga karyawan/karyawati Disdikpora Kabupaten Buleleng dapat melaksanakan swadharma dalam memberikan pelayanan masyarakat secara lebih baik dan optimal.


Persembahyangan bersama diikuti oleh keluarga besar Disdikpora Kabupaten Buleleng serta undangan lainnya.Sebelum persembahyangan diisi dengan tari rejang  oleh siswa siswi sekolah dasar dan seusai sembahyang diisi dengan tari rejang renteng, tari rejang teratai putih , penampilan bondres dan tari  topeng sidakarya.


Kegiatan upacara ini merupakan rangkaian upacara yang dimulai dari Pecaruan Balik Sumpah, Pemelaspas Tugu Saraswati dan Piodalan Sarawaswati yang jatuh pada Hari Raya Saraswati, 22 Oktober 2022 dalam rangkaian selama abulan pitung dina, satu bulan tujuh hari.