(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR RAPAT EVALUASI TAHAP AWAL PELAKSANAAN PROGRAM 5 HARI SEKOLAH

Admin disdikpora | 29 Agustus 2024 | 634 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR RAPAT EVALUASI TAHAP AWAL PELAKSANAAN PROGRAM 5 HARI SEKOLAH


Singaraja, Rabu 28 Agustus 2024 | DISDIKTODAY

Berdasarkan surat pengajuan permohonan izin dan laporan pelaksanaan program Full Day School dari beberapa Satuan Pendidikan PAUD, SD dan SMP. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabuapten Buleleng menggelar pertemuan guna membahas pelaksanaan Evaluasi Tahap Awal Pelaksanaan Program 5 Hari Sekolah bertempat di Aula Disdikpora Kabupaten Buleleng, Senin, (26/8) pagi.


Saat memimpin pertemuan,  Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten  Buleleng Made Astika, S.Pd., M.M. menyampaikan bahwa Kebijakan full day school memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, keberhasilan implementasinya sangat tergantung pada berbagai faktor, seperti kesiapan sekolah, dukungan dari orang tua, dan kualitas program pembelajaran. Penting untuk melakukan evaluasi secara berkala untuk melihat sejauh mana kebijakan ini memberikan manfaat bagi siswa.


Kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, memberikan waktu lebih banyak bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakat, serta meringankan beban orang tua. Namun, di sisi lain, muncul berbagai tantangan seperti penyesuaian kurikulum, ketersediaan fasilitas.


Lebih lanjut, Kadis Astika menambahkan bahwa implementasi full day school menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan efektif. Selain itu, guru juga dihadapkan pada tantangan untuk menjaga semangat belajar siswa dalam waktu yang lebih lama.


Dengan adanya kebijakan tersebut, Disikpora  Kabupaten Buleleng  terus melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan full day school di beberapa sekolah. Hasil evaluasi ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk memperbaiki kebijakan yang ada dan memastikan bahwa penerapan full day school memberikan manfaat yang optimal bagi seluruh stakeholder pendidikan.


Dalam kegiatan ini hadir Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Komang Sudarsana, S.Pd.M.Pd., Kabid Pembinaan SMP, Putu Primasuta, S.Sn, M.Pd, Kasi Kurikulum dan Peserta Didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, SP.M.Pd,Kasi GTK PAUD dan PNF dan Pendidikan Dasar Bidang Pembinaan Guru dan GTK, Ni Luh Putu Lasmini, S.H., M.Pd., dan Kasi Kurikulum dan Peserta Didik SMP, I Nyoman Yasa, S.Pd., M.M.