(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG IKUTI RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PELAKSANAAN TUMPEK WARIGA

Admin disdikpora | 11 Mei 2022 | 713 kali

DISDIKPORA BULELENG IKUTI RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PELAKSANAAN TUMPEK WARIGA

Singaraja, Selasa, 11 Mei 2022 | DISDIKTODAY

Seijin Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng,  telah hadir Sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P, menghadiri undangan rapat koordinasi rapat persiapan pelaksanaan tumpek wariga bertempat di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng, Selasa, 10/5/22


Rapat kali ini dipimpin oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Buleleng melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), dengan tujuan  untuk mempersiapkan perayaan hari raya tumpek uye yang jatuh pada rahina saniscara wuku wariga sasih Jiyestha, Sabtu 14 Mei 2022.


Perlu diketahui bersama bahwa sebelumnya sesuai dengan instruksi  Gubernur Bali nomor 6 tahun 2022 tentang perayaan rahina tumpek wariga dengan upacara wana kerthi sebagai pelaksanaan tata – titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru menyatakan bahwa seluruh pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Bali agar  menyelenggarakan perayaan pada masing-masing wilayahnya . 


Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka perayaan tumpek wariga adalah yang pertama penanaman pohon tematik :Upakara dan Usada serta merawat, memelihara, merapukan dan memupuk tumbuh-tumbuhan (sarwa tamuwuh) di hutan.Sedangka untuk waktu kegiatan niskala dimulai dari jam 9 pagi sampai dengan 10 pagi dan kegiatan sekala dimulai dari jam 10 sampai selesai pada tanggal 14 Mei 2022.


Dalam sambutannya, Kepala Bagian Kesra Made Era Oktarini, S.TP, M.M. menyampaikan bahawa rencananya perayaan Tumpek Wariga di Kabupaten Buleleng akan mengambil tempat  di wilayah Desa Selat, Kecamatan Sukasada. Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup menyampaikan agar seluruh stake holder untuk bersinergi dengan baik untuk perayaan Tumpek Wariga, serta perayaan Tumpek Wariga rencananya juga akan diiringi oleh kegiatan pelestarian lingkungan. Lebih lanjut disampaikan, untuk perayaan di desa dan Kelurahan dapat menyesuaikan/boleh dilaksanakan secara bersama-sama dengan berkolaborasi sekaligus melaporkan kegiatan tersebut yang akan dikoordinir oleh Dinas PMD Kabupaten Buleleng.