(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA HADIRI PERESMIAN BALAI LATIHAN KETERAMPILAN (BLK) KOMUNITAS PERKUMPULAN PASIKIAN KRAMA DESA DESA ADAT BULELENG

Admin disdikpora | 06 April 2022 | 228 kali

KADISDIKPORA HADIRI PERESMIAN BALAI LATIHAN KETERAMPILAN (BLK) KOMUNITAS PERKUMPULAN PASIKIAN KRAMA DESA DESA ADAT BULELENG

Singaraja, Selasa, 6 April 2022 | DISDIKTODAY

Pagi ini Kepala Dinas Pendiddikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M menghadiri undangan peresmian Balai Latihan Keterampilan (BLK) Komunitas Perkumpulan Pasikian Krama Desa Desa Adat Buleleng bertempat di kantor lurah Liligundi, Rabu,6/4/22.


Ketua Pasikian Krama Desa Desa Adat Buleleng, Ketut Wiratmaja, S.H mengungkapkann  bahwa untuk pembangunan gedung Balai Latihan Keterampilan (BLK) Komunitas khususnya di bidang seni dan budaya ini mengalami  proses yang panjang.Dengan usaha dari Desa Pakraman Desa Adat Buleleng dan  dukungan Pemerintah Kabupaten Buleleng, anggota komisi IX DPR RI Dapil Bali, DPRD Kabupaten Buleleng, serta semua pihak akhirnya hari ini bisa diresmikan. 


Bupati Buleleng yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten III Sekda Kabupaten Buelleng, Ir. Nyoman Genet, M.T juga hadir guna menyampaikan sambutan serta arahan Bupati Buleleng.Bupati Buleleng menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada semua pihak karena BLK ini akhirnya rampung dan diresmikan.Ada tiga hal yang disampaikan dengan adanya Balai Latihan Keterampilan (BLK) Komunitas khususnya di bidang seni dan budaya diharapkan bisa meningkatkan  Kapasitas pengetahuan keterampilan generasi muda, melestraikan nilai seni budaya di wilayah kecamatan Bulelengserta  meningkatkan kemampuan generasi muda dalam keterampilan bidang seni dan budaya.Semnetara itu di sector pendidikan yang dinaungi oleh Disdikpora kabupaten  Buleleng Perlu adanya  penyusunan kurikulum pelatihan dan tenaga pelatih. Dengan adanya hal tersebut  pastinya akan mempunyai daya tarik bagi  generasi muda untuk berkesenian . Dengan di bangunnya BLK Bisa kedepaannya bisa di jadikan percontohan untuk  masing - masing kecamatan serta nantinya diharapkan juga ada kolaborasi dengan Disnaker Kabupaten Buelleng , Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng dan Disdikpora Kabupaten Buleleng untuk kemajuan seni dan budaya di Kabupaten Buleleng. 


Sementara itu, Anggota komisi IX DPRD RI Dapil Bali,  I Ketut  Kariyasa Adnyana, S.P., hadir dalam rangka  meresmikan  Balai Latihan Kerja Komunitas bidang Seni dan Budaya. Dirinya menyampaikan bahwa di Kabupaten Buleleng sudah ada beberapa BLK seperti halnya di Bidang kesenian, motor, salon dan IT yang tersebar di wilayah Kabupaten Buleleng. Target tiap kecamatan ada satu  BLK dan pada prinsipnya akan menguatkan desa Adat itu sendiri dan bisa di manfaatkan dengan baik. Selain itu, diharapkan menjadi pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang berdaya saing di tingkat nasional dan global. Solusi link and match permasalahan ketenagakerjaan pun terus di prioritaskan. Pembangunan SDM unggul dan tenaga kerja terampil ini bersinggungan erat dengan dunia pendidikan dan pelatihan.