(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

JADI NARSUM KEMENDIKBUDRISTEK, KADIS ASTIKA BICARA OPTIMALISASI TRANSFORMASI DIGITAL PEMBELAJARAN

Admin disdikpora | 28 Mei 2024 | 1217 kali

JADI NARSUM KEMENDIKBUDRISTEK, KADIS ASTIKA BICARA OPTIMALISASI TRANSFORMASI DIGITAL PEMBELAJARAN


Badung, Selasa 28 Mei 2024 l DISDIKTODAY

" Optimalisasi Transformasi Digital Pembelajaran di Kabupaten Buleleng" menjadi judul materi pemaparan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., saat menjadi narasumber dalam kegiatan Rapat Koordinasi Transformasi Digital Regional IV, bertempat di Discovery Kartika Plaza Hotel, Badung, Selasa (28/5).


Secara umum Kadis Astika memaparkan pemanfaatan sarana digital mulai dari jenjang SD, SMP dan PKBM.Dengan adanya sebaran sarana digital berupa chromebook ke Satuan - satuan pendidikan maka diperlukan Optimalisasi pemanfaatan chromebook dan akun belajar.id melalui beberapa kegiatan diantaranya Advokasi bantuan chromebook dan belajar.id kolaborasi dengan kapten belajar.id Provinsi Bali dan Direktorat SD, Coaching clinic melaksanakan Pendampingan Chromebook dan belajar.id kolaborasi dengan BGP dan BPMP Provinsi Bali dan memfasilitasi berbagi praktik baik antar komunitas yang mendukung optimalisasi pemanfaatan chromebook dan akun belajar.id.


Lebih lanjut, Kadis Astika juga berbagi pengamalan bagaimana Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng dalam meningkatkan dan mendukung transformasi digital serta mengadakan pelatihan  bekerjasama dengan organisai profesi seperti PGRI dan IGI Kabupaten Buleleng maupun berdiskusi dengan Google Master Trainer Kabupaten Buleleng terkait dengan menuju satuan pendidikan menjadi Sekolah rujukan Google.


Bukan hanya itu saja, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng juga memanfaatkan akun belajar.id untuk virtual back Office (VBO) Lascarya (Lancar, Jelas dan terpercaya) sebagai upaya percepatan digitalisasi dan tata kelola pendidikan.


Dari pemanfaatan digitalisasi tersebut ditahun 2023, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menjadi pembicara tunggal dalam pertemuan Google for Education Leaders Series Asia Pasific di Jakarta dikarenakan banyaknya sebaran pengguna akun belajar.id di Kabupaten Buleleng.


Sementara itu, Kepala SMP N 1 Sukasada, Ni Ketut Liesvi Ismaeantini, S.Pd., terkait pembelajaran menggunakan chromebook dan akun Belajar.Id. serta berbagi pengalaman bagaimana SMP Negeri 1 Sukasada berhasil menjadi yang pertama di Bali sebagai Sekolah Rujukan Google. 


Perlu diketahui bersama bahwa kegiatan Rakor Transformasi Digital Regional IV diselenggarakan oleh Kemendikbudristek RI Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini diikuti peserta dari BPMP dan Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota masing - masing berasal Bali, Jawa Timur, NTB, dan Yogyakarta dilaksanakan dari tanggal 27 sampai dengan 30 Mei 2024