(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG RESMI BUKA RAPAT SOSIALISASI DAN ADVOKASI BIDANG PAUD

Admin disdikpora | 10 Juni 2024 | 1234 kali

KADISDIKPORA BULELENG RESMI BUKA RAPAT SOSIALISASI DAN ADVOKASI BIDANG PAUD


Buleleng, Senin 10 Juni 2024 l DISDIKTODAY

" Terkait Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Buleleng, yang saat ini perlu kita oprtimalkan lagi melalui kolaborasi dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak,sehingga masyarakat kita dapat memahami sejauh mana keberadaan dan kebermanfaatan program layanan pendidikan".


Seperti itulah yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga  Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., saat membuka secara resmi  Rapat Sosialisasi dan Advokasi Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di aula STIKES Buleleng, Bungkulan Senin, (10/5).


Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mendukung Gerakan Transisi PAUD-SD Menyenangkan, yang menekankan bahwa anak tidak harus pintar calistung (membaca, menulis, dan berhitung) sejak dini.“Tujuannya agar anak-anak bisa belajar dengan cara yang menyenangkan dan tidak terbebani, sehingga mereka lebih bersemangat untuk bersekolah,” ucapnya


Kadis Astika juga berharap bahwa hasil dari sosialisasi ini dapat diimplementasikan oleh setiap elemen pendidikan di Kabupaten Buleleng.“Dengan demikian, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi anak-anak, serta meningkatkan angka partisipasi sekolahdan pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif di Kabupaten Buleleng.” tutupnya.


Sementara itu, laporan kegiatan disampaikan Widya Prada Ahli Muda Subkor Peserta Didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, S.P., M.Pd mewakili Plt. Kabid Pembinaan PAUD dan PNF menyampaikan bahwa kegiatan akan berlangsung pada hari Senin dan Selasa,  10 dan 11 Juni 2024 dengan pemetaan peserta yang dibagi  menjadi 2 angkatan. Hari pertama, Senin 10 Juni 2024  dengan jumlah peserta 300 orang, undangan untuk 5  Kecamatan yaitu Kecamatan Buleleng, Sukasada, Sawan,  Kubutambahan dan Tejakula yang bertempat di Aula Stikes  Bungkulan.  Selanjutnya, hari kedua Selasa, 11 Juni 2024, dengan  jumlah peserta 250 orang, undangan untuk 4 Kecamatan  yaitu Kecamatan Gerokgak, Busungbiu, Seririt dan Banjar  yang bertempat di Aula Stikes Banyuning. 


Dalam kegiatan ini hadir pula Kasi Kurikulum PAUD dan PNF, Komang Sudarsana, S.Pd., M.Pd. Adapun beberapa materi yang akan disampaikan pada pertemuan ini diantaranya Advokasi Layanan Pendidikan Anak Usia Dini, Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun  Ajaran 2024/2025 jenjang PAUD serta Sosialisasi Transisi PAUD ke SD yang  Menyenangkan. 


Tidak lanjut sebuah program yang nyata , terukur dan terarah memang perlu peran aktif dan sinergitas seluruh pihak pemangku kepentingan pendidikan di masing - masing wilayah setempat.Selain itu, tanggung jawab bersama didalam menumbuhkan kesadaran serta partisipasi masyarakat agar memberikan kesempatan kepada anak - anak untuk dapat menikmati hak dasar pendidikan serta dalam hal peningkatan akses serta kualitas layanan pendidikan.