(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR WORKSHOP UBKD DAN PISA BAGI WAKA KURIKULUM SMP

Admin disdikpora | 25 Januari 2022 | 469 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR WORKSHOP UBKD DAN PISA BAGI WAKA KURIKULUM SMP 


Buleleng, Senin, 24 Januari 2022 l DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng melalui Bidang PSMP pada Seksi Kurikulum SMP melaksanakan Workshop Ujian Berbasis Komputer Daring ( UBKD) dan Programme for International Student Asessment (PISA) jenjang SMP tahun 2022.


Kegiatan dilaksanakan di dua tempat yaitu di SMP N 2 Singaraja dan SMP N 2  Sawan dengan melibatkan peserta di masing - masing sekolah pelaksana sebanyak 36 orang dengan total keseluruhan peserta 72 orang. Pesertanya sendiri adalah Waka kurikulum dari sekolah Negeri dan Swasta se  - Kabupaten Buleleng. Dari informasi dilapangan kegiatan berlangsung selama empat (4) hari, dimulai dari tanggal 24 sampai dengan 27 Januari 2022 dengan pola In- On - On - In.


Sebelumnya, Kegiatan secara resmi buka oleh  Kadisdikpora Kabupaten Buleleng yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Disdikpora Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.M.A.P serta didampingi Kabid PSMP Putu Primasuta, S.Sn dan Kasi Kurikulum SMP. Ketut Suardika.SH


Dalam arahan Kadisidkpora Buleleng yang disampaikan Sekretaris Dinas   menjelaskan bahwa  terkait dengan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), dimana bahwasannya kita jangan memaksakan siswa kesekolah akan tetapi menyesuaikan standar sekolah masing masing, walaupun sudah PTM 100% di buleleng masuk katagori A.


Disisi lain Kebijakan Assesment merdeka belajar dari program Indonesia Hebat di tahun 2022. Assesmen Nasional (AN) bukanlah pengganti UN. proses AS ada 3 elwmen yaitu : AKM, survey karakrer dan survey lingkungan. AKM kelompok dasar Literrasi Nomerasi yang mana literasi adalah pengamatan dan kecermatan yang ada kondisi yang kita respon, sedangkan Nomerasi lebih pada kritikel yaitu memecahkan masalah yg mereka hadapi sehari hari, sedangkan untuk Survey Karakter yaitu dituntutnya profil belajar Pancasila dan apa yang menjadi tujuan pendidikan nasional.