(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG IKUTI BIMTEK ARKAS BOP ANGKATAN 2

Admin disdikpora | 22 November 2023 | 705 kali

DISDIKPORA BULELENG IKUTI BIMTEK ARKAS BOP ANGKATAN 2


Tanggerang, Rabu 22 Nopember 2023 l DISDIKTODAY 

Dalam rangka telah diluncurkannya platform digital Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) sebagai upaya menjaga akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP), PDM 03A Sumber Daya Sekolah Melalui Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementrian Penidikan , Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Mengadakan Kegiatan Bimbingan Teknis ARKAS Bantuan Operasional  Penyelenggaraan Angkatan 2  yang dilaksanakan  di Atria Hotel Gading Serpong Tanggerang pada Hari Senin tanggal 20 sampai dengan Rabu tanggal 22 Nopember 2023.


Terkait hal tersebut, seijin Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Widya Prada Ahli Muda, Subkor Peserta Didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, SP.M.Pd  ditugaskan menghadiri Kegiatan Bimbingan Teknik ARKAS (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) BOP Angkatan 2.  


ARKAS adalah sistem yang disediakan oleh Kemdikbudristek berbentuk aplikasi yang dapat diinstal di perangkat komputer milik satuan pendidikan. ARKAS dikembangkan untuk membantu satuan pendidikan dalam melaksanakan administrasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah pendidikan (BOSP).


Ketua Pokja Saat memberikan sambutan, mengucapkan terima kasih atas kehadirannya dan bisa mengikuti Bimtek ARKAS BOP Angkatan 2, sehingga bisa meningkatkan akuntabilitas tata kelola administrasi perencanaan dan pelaporan dana bantuan    operasional satuan pendidikan. Beberapa penyampaian materi diantaranya untuk tahap pertama  ada Registrasi, Markas, Menyusun Kertas Kerja, Mengulas Kertas Kerja, Pengisian BKU, Pergeseran, Perubahan, dan mengirim bukti laporan pajak.


Rencana Tindak Lanjut di Kabupaten Buleleng, Sosialisasi Arkas BOP akan dilaksanakan  tanggal 24 Nopember 2023 di SPNF SKB Kabupaten Buleleng, tanggal 28 sampai dengan 30 Nopember 2023  penyusunan arkas BOP PAUD dilaksanakan pada tiga titik di wilayah timur, tengah dan barat.