(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KURLIKULUM MERDEKA, KADISDIKPORA BULELENG DORONG GURU CIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN BAGI PESERTA DIDIK

Admin disdikpora | 05 Desember 2023 | 923 kali

Singaraja, Selasa 5 Desember 2023. 

Pagi ini Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., hadir sekaligus membuka secara resmi workshop Implementasi kurikulum merdeka di SMP Triamerta Singaraja, Selasa, (5/12).

Dari sambutan Kadis Astika menyampaikan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka membuat guru harus aktif dan siap atas segala perubahan di era digitalisasi ini. Peran guru dalam Kurikulum Merdeka bukan hanya sebatas memberikan informasi kepada siswa, tetapi lebih pada membimbing dan membantu mereka menjadi individu yang lebih berkualitas dan siap menghadapi tantangan masa depan. Dengan memberikan kesempatan kepada guru untuk lebih fleksibel dalam merancang pembelajaran, Kurikulum Merdeka mendorong pendekatan pendidikan yang lebih holistik dan inklusif, sesuai dengan kebutuhan dan potensi masing-masing siswa.

“Guru memiliki tanggung jawab untuk mendorong kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Dengan memberikan siswa kesempatan untuk berpikir kritis dan berkreasi, guru membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir yang lebih tinggi serta tentunya mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.”pungkasnya.

Sementara itu dari laporan Kepala SMP Triamerta, Sri Dertamianti, S.E. menyampaikan bahwa guru di lingkungan SMP Triamerta Singaraja masih perlu pemahaman dalam meingkatkan  kompetensi guru agar memiliki kualitas yang lebih baik.Bagaimana agar dalam implementasi kurikulum guru bisa mencipatkan kondisi belajar yang  menyenangkan dan tentunya berpihak pada siswa terkait dengan pengembangan bakat, karakter peserta didik itu sendiri.Kegiatan dilaksanakan selama empat hari dimulai dari tanggal 5 sampai dengan 8 desember tahun 2023. 

Semoga melalui kegiatan  workshop Implementasi kurikulum merdeka bisa mengembangkan potensi guru dalam menyusun pembelajaran sehingga bisa memiliki kompetensi dan kualitas yang mumpuni.

Sementara itu, untuk Penyampaian materi menghadirkan, Ketua MKKS SMP Kabupaten Buleleng, Nyoman Armaja, S.Pd., M.Pd sebagai narasumber serta dihadiri wakil yayasan  Triatma Surya jaya, I Wayan Murdana, S.E.