(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG TERPILIH UJI COBA ARKAS 4

Admin disdikpora | 08 September 2023 | 469 kali

DISDIKPORA BULELENG TERPILIH  UJI COBA ARKAS 4 

Singaraja, Jumat 8 September 2023 l DISDIKTODAY

Dalam rangka meningkatkan akuntabilitas tata kelola administrasi Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) maka perlu adanya Uji Coba ARKAS BOP  PAUD dan BOP Kesetaraan. 


Dari berbagai daerah dipilih 8 Daerah yang dianggap memenuhi kriteria berdasarkan data dan seberapa terjangkau daerahnya pada  pelaksanaan tersebut. Lebih lanjut dari 8 Daerah berdarasakan masukan dan persetujuan unit ditetapkan 3 daerah diantaranya Kabupaten Buleleng, Kabupaten Karo dan Kota Sorong.


Hal itu disampaikan Widya Prada Ahli Muda Subkor Peserta Didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, S.P., M.Pd kepada tim Redaksi Disdiktoday setelah mengikuti pertemuan virtual dalam acara uji coba ARKAS  BOP PAUD dan BOP Kesetaraan.

 

Lebih lanjut, Ketiga Kabupaten tersebut terpilih karena dianggap mampu memberikan masukan yang kaya bagi penelitian uji coba ARKAS BOP PAUD dan BOP Kesetaraan, untuk itu  sebagai pelaksana Uji coba ARKAS 4 mengundang tiga Kabupaten (kab.Buleleng, kabupaten Karo dan Kota Sorong) utk mengikuti persiapan uji coba melalui daring yg dilaksanakan pada hari Jumat, 8 September 2023.


Perlu diketahui bersama bahwa ARKAS 4 merupakan pemutakhiran dari ARKAS 3 yang bertujuan untuk membantu Satuan Pendidikan mengelola anggaran secara aman dan nyaman. Pada bulan Agustus ARKAS 4 telah dirilis untuk Satuan Pendidikan Dasar Menengah, ARKAS 4 untul PAUD dan Kesetaraan akan segera dirilis dan Uji Coba merupakan salah satu upaya untuk mengevaluasi kesipan perilis ARKAS 4 untuk PAUD dan Kesetaraan. 


Selain itu perlu dipahami juga bentuk bantuan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan satuan pendidikan PAUD dan Kesetaraan untuk menggunakan ARKAS 4. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng Merekomendasikan 12  Satuan PAUD dan Kesetaraan. Kegiatan uji coba ARKAS 4 di Kabupaten Buleleng Akan dilaksanakan pada Tanggal 4 - 5 Oktober 2023