(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BUKA SOSIALISASI TEKNIS ASESMEN NASIONAL DAN SULINGJAR JENJANG SD KABUPATEN BULELENG TAHUN 2024

Admin disdikpora | 05 Agustus 2024 | 687 kali

KADISDIKPORA BUKA SOSIALISASI TEKNIS ASESMEN NASIONAL DAN SULINGJAR JENJANG SD KABUPATEN BULELENG TAHUN 2024

Singaraja, Senin 5 Agustus 2024 | DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng melalui Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) tepatnya Seksi Kurikulum dan Peserta Didik SD menggelar Sosialisasi Teknis Asesmen Nasional dan Survey Lingkungan Belajar ( Sulingjar ) jenjang SD kabupaten Buleleng tahun 2024 bertempat di Gedung Laksmi Graha Singaraja, Senin (5/8).


"Asesmen Nasional diadakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan dirancang untuk menghasilkan informasi akurat dalam memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar peserta didik"


Petikan kalimat diatas merupakan segelintir sampaian Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., saat hadir membuka secara resmi Sosialisasi Teknis Asesmen Nasional dan Survei Lingkungan Belajar ( Sulingjar ) jenjang SD kabupaten Buleleng tahun 2024 didampingi Plt. Kabid Pembinaan SD, Komang Sudarsana, S.Pd., M.Pd.


Ditambahkan Secara jangka panjang Asesmen Nasional memberi kesempatan sekaligus menuntut guru dan sekolah untuk memperbaiki kualitas pengajarannya guna menciptakan siswa yang lebih kompeten. Hal ini terlihat dari penekanan pembelajaran dan asesmen yang lebih fokus pada daya nalar dalam bentuk literasi membaca dan numerasi. Hal ini juga mendorong guru dan sekolah mengubah praktik-praktik pembelajaran lama yang tidak lagi relevan dengan kondisi saat ini.


Mutu satuan pendidikan dinilai dari hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter), serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.


Asesmen Nasional diadakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan dirancang untuk menghasilkan informasi akurat dalam memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar peserta didik.


“Saya berharap peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga apa yang menjadi tujuan kegiatan ini bisa tercapai serta apa yang menjadi garis besar kegiatan ini bisa dimengerti dan dipahami oleh peserta”ungkapnya.



Sementara itu, dari laporan Kasi Peserta Didik dan Kurikulum SD, I Ketut Agus Susilawan, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa Sosialisasi Teknis Asesmen Nasional (AN) dan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Jenjang SD di Kabupaten Buleleng Tahun 2024 diharapkan dapat memberikan pemahaman terkait landasan yuridis formal pelaksanaan Asesmen Nasional (AN), penguatan pemahanan teknis para proktor dalam melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional (AN) dan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.



Lebih lanjut, untuk narasumber  kegiatan ini menggunakan  pendekatan Colaborative Team terdiri dari para google master trainer, para proktor berpengalaman serta unsur manajemen dapodik sedangkan Panitia adalah unsur Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng.


Peserta Kegiatan adalah terdiri dari Seluruh Korwil Disdikpora Kecamatan dan Pengawas Satuan Pendidikan SD berjumlah 11 orang - Seluruh proktor jenjang SD di Kabupaten Buleleng berjumlah 465 orang Peserta dibagi menjadi 2 (dua) sesi berbeda yaitu Peserta untuk Kecamatan Tejakula, Kubutambahan, Sawan, dan Buleleng dilaksanakan hari Senin, 5 Agustus 2024. Sedangkan peserta untuk Kecamatan Sukasada, Banjar, Seririt, Busungbiu, dan Gerokgak dilaksanakan hari Selasa, 6 Agustus 2024


Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah  Terlaksananya Asesmen Nasional dan Survei Lingkungan Belajar dengan baik dan lancar secara teknis sesuai dengan mekanisme teknis yang tepat, Terlaksananya pemecahan-pemecahan masalah teknis pendataan dan pelaksanaan sehingga mem[erkecil kemungkinan Penjadwalan Ulang,  Pemanfaatan chromebook secara maksimal tidak hanya untuk asesmen tetapi juga pembelajaran.Diakhir kegiatan diadakan kuis seputaran Sulingjar dengan hadiah berupa 3 buku bacaan untuk guru.