(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR SOSIALISASI KEBIJAKAN DAN MAJAEMEN AKREDITASI PAUD DAN PNF TAHUN 2022

Admin disdikpora | 19 April 2022 | 387 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR SOSIALISASI KEBIJAKAN DAN MAJAEMEN AKREDITASI PAUD DAN PNF TAHUN 2022


Singaraja, Selasa, 19 April 2022 | DISDIKTODAY

Pagi ini, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Kebijakan Dan Majaemen Akreditasi Kabupaten Buleleng Tahun 2022 yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF, Ni Ketut Santrini, S.Sos didampingi Kasi Sarana Prasarana PAUD PNF, Nyoman Widiari, S.E bertempat di Aula Yayasan Dana Punia, Selasa, 19/4/22.



Dalam pembacaan sambutan Kepala Disdikpora Buleleng dapat disampaikan bahwa pendidikan adalah salah satu langkah untuk mempersiapkan putra dan putri bangsa supaya bisa bersaing di era globalisasi dan digital pada masa mendatang. Oleh karena itu, tentunya peningkatan mutu pendidikan haruslah dimulai dari tingkat satuan pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan di satuan pendidikan adalah tindakan yang diambil oleh satuan pendidikan guna memperbaiki hasil penyelenggaraan pendidikan agar sesuai dengan arah kebijakan pendidikan yang telah ditetapkan melalui peningkatan efektivitas dan efisiensi dari proses dan aktivitas pendidikan yang dilakukan.



Sampai  saat ini BAN PAUD dan PNF telah melaksanakan kegiatan penilaian kelayakan program dan satuan PAUD dan PNF berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan. Kegiatan ini, nantinya diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan layanan akreditasi pendidikan nonformal serta kualitas pelaksanaan Akreditasi PAUD dan PNF sehingga Ketersediaan informasi terkait dengan layanan akreditasi dan informasi tersebut dapat terjangkau oleh pelaksana satuan Pendidikan. Selain itu, harapan kepada BAN PAUD dan PNF  agar lebih meningkatkan edukasi dan sosialisasi mengenai standar akreditasi PAUD dan PNF.  Hal lain yang dapat dilakukan Meningkatkan kualitas pelaksaan akreditasi PAUD dan PNF adalah dengan memberikan kepastian dan keterjaminan memperoleh layanan akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal serta meningkatkan sistem tata kelola yang handal dalam menjamin terselenggaranya layanan akreditasi pada Satuan pendidikan.



Sementara itu dari pembacaan laporan disampaikan oleh Sekretariat BAN PAUD-PNF Provinsi Bali, I Gusti Ayu Agung Andari Widyastuti, S.Arsl. Dirinya mengungkapkan bahwa ditahun 2022 akan dilaksanakan kembali secara reguler dengan target vissitasi secara luring terhadap satuan PAUD dan PKBM di seluruh Balii dengan memperhatikan araha BAN PAUD dan PNF serta Pemerintah agar pelaksanaan program akreditasi dan penjaminan mutu lainnya berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan target kuota akreditasi Provinsi Bali yaitu sebesar tiga ratus sepuluh satuan pendidikan.Satuan PAUD dan PKBM harus mengajukan permohonan dalam aplikasi sistem penilaian akreditasi (SISPENA) yang berfungsi untuk mengisi [enilaian prasyarat akreditasi (PPA).


Kegiatan Sosialisasi akreditasi ini dilaksanakan di setiap Kabupaten/Kota di Provinsi Bali bekerjasama dengan mitra terkait di Daerah.Kegiatan sosialisasi akreditasi penting sebagai bagian dari strategi untuk memenugi kuota yang ditetapkan dalam kreditasi tahun 2022.Dalam kegiatan ini BAN PAUD dan PNF Provinsi Bali secara langsung melatih satuan pendidikan untuk mengisi PPA sebagai persyaratan mengikuti akreditasi.Pengisian PPA sangat menentukan kelayakan satuan pendidikan untuk mengikuti tahapan visitasi akreditasi.



Adapaun tujuan dari sosialisasi ini adalah yang pertama menginformasikan kebijakan dan mekanisme BAN PAUD dan PNF kepada pemangku kepentingan, yang kedua menginformasikan pelaksanaan akreditasi dan penjaminan mutu PAUD dan PNF dan mengenalkan serta mempraktekkan Sispena 3.1 sebagai aplikasi pendukung dalam akreditasi PAUD dan PKBM. Lebih lanjut, untuk total jumlah pesertanya  sebanyak sembilan puluh tiga (93)  orang terdiri dari, Satuan PAUD sebanyak 74 orang, Satuan PKBM sebanyak 2 orang, Asesor sebanyak 11 orang, Diknas sebanyak 3 orang dan BANP sebanyak 3 orang.