(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR WORKSHOP PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU PJOK TERHADAP ILMU KEPELATIHAN

Admin disdikpora | 23 November 2021 | 135 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR WORKSHOP PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU PJOK TERHADAP ILMU KEPELATIHAN


Singaraja, Selasa 23 November 2021 | DISDIKTODAY

Memandang sangat perlu mengadakan pelatihan kepada guru PJOK di Kabupaten Buleleng tentang ilmu kepelatihan Dasar pengetahuan dan lanjutan, maka Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menggelar wokshop peningkatan keterampilan guru PJOK se- Kabupaten Buleleng bertempat di Hotel Bali Taman, Selasa 23/11/21.


Dari pembacaan sambutan Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng yang kali ini diwakili oleh Plt. Kabid Pembinaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Dra. Nengah pujiani, M.A.P sekaligus membuka acara secara resmi.Kegiatan ini diharapkan memberikan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan terhadap ilmu kepelatihan bagi guru-guru PJOK di Kabupaten Buleleng.Penambahan pengetahuan dan keterampilan ini diyakini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan prestasi olahraga khususnya bagi pelajar di kabupaten Buleleng.


Pembinaan dan pengembangan olahraga masyarakat, olahraga prestasi, olahraga pelajar termasuk olahraga Disabbilitas adalah tanggung jawab Disdikpora Kabupaten Buleleng bersama-sama dengan KONI kabupaten Buleleng.Terakhir harapan kepada peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa menyimak, memahami materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber sehingga ilmu kepelatihan dapat diterapkan ditengah suasana pandemi seiring dengan menjalankan adaptasi perubahan pola hidup dalam tatanan normal baru.


Sementara itu, dari laporan Kasi Pembibitan Prestasi Olahraga, Nyoman Omy Anggreni, S.Sos melaporkan bahwa tujuan dari kegiatan workshop ini adalah untuk membekali guru PJOK terkait dengan ilmu kepelatihan, sehingga pembinaan olahraga di tingkat Sekolah melalui ekstrakulikuler dapat berajalan sesuai dengan kaidah-kaidah kepelatihan.Ada perbedaan yang signifikan antara mengajar dan melatih, dimana melatih  lebih pada hasil akhir sebuah peningkatan prestasi olahraga, bukan hanya sekedar mencari kebugaran jasmani.


Untuk peserta yang ikut dalam kegiatan  ini diikuti oleh guru-guru PJOK se- Kabupaten Buleleng dengan rincian sebagi berikut :Gelombang pertama dengan jumlah 35 orang perwakilan kecamatan Buleleng  diikuti dari SD berjumlah 9 orang, SMP 3 orang.Kecamatan Tejakula dari jenjang SD 8 orang dan SMP 3 orang serta dari Kecamatan Kubutambahan dari jenjang SD 9 orang dan SMP 3 orang.Selanjutnya gelombang kedua jumlah peserta 35 orang perwakilan dari Kecamatan Sawan diikuti oleh jenjang SD 9 orang dan SMP 3 orang, Kecamatan Sukasada pada jenjang SD 8 Orang dan SMP 3 orang serta Kecamatan Banjar jenjang SD 9 orang dan SMP 3 orang.Gelombang ketiga masih dengan jumlah 35 orang perwakilan dari Kecamtan Seririt dari jengnjang SD 9 orang dan SMP 3 orang, kecamatan Busungbiu jenjang SD 8 orang dan SMP 3 orang dan Kecamatan Gerokgak jenjang SD 8 orang dan SMP 3 orang.


Perlu diketahui bersama bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dimulai dari tanggal 23 sampai dengan 25 November 2021 dengan menghadirkan narasumber Bapak Dr. Made Agus Dharmadi, M.Pd dari FOK Undiksha Singaraja, Bapak Dr. Syarif Gidayat, M.Pd dari FOK Undiksha Singaraja.Dalam kegiatan ini turut juga hadir Kasi Kelembagaan dan Sarpras Pemuda dan olahraga, I Putu Kulawarma, S.Sos mengundang perwakilan dati KONI Kabupaten Buleleng.