(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RAKOR PELAKSANAAN PROGRAM KETAHANAN KELUARGA ANTI NARKOBA TAHUN 2022

Admin disdikpora | 05 April 2022 | 281 kali

DISIDKPORA BULELENG HADIRI

RAKOR PELAKSANAAN PROGRAM KETAHANAN KELUARGA ANTI NARKOBA TAHUN 2022


Singaraja, Selasa  5 April 2022 l DISDIKTODAY

Seijin Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Kabid Pembinaan Pemuda dan Olahraga, Putu Pasek Sujendra, S. Pd, menghadiri  Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba Tahun 2022 bertempat di Rumah Makan mana lagi II, Selasa 5/4/22.


Kegiatan dini dihadiri juga oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Suadnyana, S. H, M. Si. bersama Kepala BNNK Buleleng, Gede Astawa, S. H, M. H serta narasumber dari Undiksha  dan undangan lainnya. Perlu diketahui bersama bahwa program ketahanan keluarga anti narkoba salah satu bentuknya adalah intervensi keterampilan hidup keluarga anti narkoba yang dilaksanakan sesuai dengan dimensi dan indikator ketahanan keluarga anti narkoba.Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong semua anggota keluarga yang terdiri dari orangtua dan anak untuk meningkatkan kualitas keterampilan hidup anggota keluarga tentang keterampilan pola pengasuhan orang tua, keterampilan hidup anak terkait bahaya narkoba serta penerapan pola hidup sehat dalam keluarga. 


Selain itu, pentingnya orangtua  mempelajari keterampilan memahami anak (mengenal perkembangan, mendengarkan dan memberikan penghargaan), memahami diri (tantangan, stres, cara mengatasi stress, membantu mengatasi stress anak), mengubah perilaku dan mengurangi perilaku agresif. Sedangkan pada sesi anak mempelajari tentang mengembangkan kualitas diri, menangani stress, tekanan teman sebaya dan teman-teman.