(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SELAIN LITERASI, KADISDIKPORA HARAP GURU TINGKATKAN NUMERASI SISWA

Admin disdikpora | 24 Oktober 2023 | 1015 kali

SELAIN LITERASI, KADISDIKPORA HARAP GURU TINGKATKAN NUMERASI SISWA

 

Singaraja, Selasa 24 Oktober 2023 l DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng bersama MKKS SMP kabupaten Buleleng menggelar Sosialisasi Literasi, Numerasi dan Arkas Bos 2024 bertempat di Rangon Sunset Point Bar and Resto Pantai Penimbangan Singaraja, Selasa (24/10).


Kegiatan sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M.Dalam sambutan dan arahan, Kadisidkpora Buleleng menegaskan agar Kepala Sekolah setelah mengikuti kegiatan ini mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana mereka dapat berperan aktif dalam mendorong literasi dan numerasi di lingkungan sekolah mereka. Dengan memahami prinsip-prinsip ini, para pendidik dapat lebih terampil dalam mengembangkan pendekatan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.


Khusus Terkait dengan Numerasi  Kadisdikpora Buleleng menegaskan kepada  kepala sekolah agar memerintahkan guru untuk mengecek peserta di kelas VII terkait dengan  kemampuan dan kecepatan berhitung.Kemarin Buleleng sudah melaksanakan kegiatan Buleleng dueg ngitung melalui metode Gasing ( Gampang, Asyik dan Menyenangkan).Para kepala Sekolah boleh memberdayakan trainer - trainer guru untuk mengimbaskan pengetahuan berhitung di jenjang SMP, sekaligus diharapkan terlaksana dan rampung ditahun 2024.


Harapan kedepan Seluruh kepala sekolah bisa menerapkan program metode Gasing untuk Pengembangan Berbasis Data terkait dengan peningkatan numerasi di satuan pendidikan. Selain itu, pihaknya  juga menjelaskan terkait perencanaan pembelajaran literasi dan numerasi menjadi bagian penting dalam upaya peningkatan pendidikan. Para peserta diajak untuk menyusun rencana pembelajaran yang terstruktur dan relevan dengan kebutuhan siswa.


Strategi pembelajaran literasi dan numerasi turut menjadi perhatian dalam kegiatan ini. Para peserta tidak hanya diberi pemahaman tentang konsep dasar, tetapi juga diberikan wawasan tentang berbagai strategi mengajar yang dapat diterapkan di kelas.Tujuannya adalah membantu siswa mencapai tingkat literasi dan numerasi yang lebih tinggi melalui metode yang bervariasi dan efektif.


Sementara itu, Ketua MKKS SMP Kabupaten Buleleng, Nyoman Armaja, S.Pd., M.Pd., dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dirasa penting , karena Literasi dan numerasi erat kaitannya dengan raport pendidikan.Pertemuan ini juga digunakan sebagai ajang berbagi dalam penyusunan Arkas Bos 2024 terkait dengan  tata cara dan mekanismenya.


Lebih lanjut,  kegiatan diisi dengan penyampaian materi Literasi dan numerasi oleh Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A.P.Sedangkan untuk Arkas Bos 2024 disampaikan oleh staf PSMP Disdikpora Kabupaten Buleleng.