(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

TERTARIK DENGAN PENERAPAN DISIPLIN POSITIF SMP N 1 SERIRIT, DIREKTORAT SMP GELAR TALKSHOW

Admin disdikpora | 22 Februari 2024 | 1366 kali

TERTARIK DENGAN PENERAPAN DISIPLIN POSITIF SMP N 1 SERIRIT, DIREKTORAT SMP GELAR TALKSHOW


Seririt, Kamis 22 Pebruari 2024 l DISDIKTODAY

Disiplin Positif adalah suatu pendekatan untuk menerapkan disiplin dari dalam diri anak tanpa hukuman dan hadiah. Disiplin Positif perlu diterapkan baik dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Dengan menerapkan Disiplin Positif, diharapkan tindak kekerasan dapat dihindari.

Pendekatan Disiplin Positif bukan mengenai anak/peserta didik secara langsung, melainkan bagaimana cara orang dewasa yang memberikan dampak dan pengaruh positif kepada anak/peserta didik. Pendekatan Disiplin Positif menitikberatkan pendekatan yang positif tanpa kekerasan, memotivasi, merefleksi kesalahan, menghargai, membangun logika, dan bersifat jangka panjang


Pada Talkshow yang bertajuk:  Talkshow Pencegahan Kekerasan di Satuan Pendidikan serta Penerapan Disiplin Positif Di SMPN 1 Seririt, dengan Tagline: Mendidik Tanpa Kekerasan, Asik Tanpa Mengusik, serta bertemakan Sekolah Ramah, aman, Nyaman dan Menyenangkan Bebas Segala Bentuk Kekerasan.


Plt. Direktur SMP, Drs I Nyoman Rudy Kurniawan, M.T dalam sambutannya menyatakan , bahwa upaya pencegahan tindak kekerasan dan penerapan disiplin positif di satuan pendidikan saat ini menjadi hal yang sangat penting dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan kondusif sehingga akan mendukung proses belajar mengajar yang produktif.


Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kadisdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M, mengenai Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan sudah diimplementasikan dengan baik di SMPN 1 Seririt melalui penerapan disiplin positif, dan SMPN 1 Seririt merupakan satu-satunya SMP di Indonesia yang dipilih untuk acara talkshow yang digelar oleh Direktorat SMP.  


Sementara itu, kepala SMPN 1 Seririt Nyoman Armaja, S.Pd,M.Pd memaparkan 14 sistem pencegahan kekerasan dan perundungan di SMPN 1 Seririt. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPMP Provinsi Bali, Kabid PSMP, Putu Primasuta, S.Sn., M.Pd., Kepala Sekolah Penggerak Angkatan I, Fasilitator, Dewan Pendidikan, Pengawan Sekolah serta mengundang masing-masing 20 siswa dan 6 Guru Pendamping dari SMP sekitar yaitu SMPN 2,3,4 Seririt dan SMPN 1 Banjar.


Untuk informasi lebih lengkapnya dapat disaksikan ulang  secara  melalui kanal youtube Direktorat SMP.