(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KURSUS MAHIR DASAR DIHARAPKAN BISA LAHIRKAN PEMBINA YANG BERKUALITAS DAN TANGGUH DI SATUAN PENDIDIKAN

Admin disdikpora | 24 Mei 2021 | 666 kali

KURSUS MAHIR DASAR DIHARAPKAN BISA LAHIRKAN PEMBINA YANG BERKUALITAS DAN TANGGUH DI SATUAN PENDIDIKAN

 

Singaraja, Senin 24 Mei 2021 l DISDIKTODAY

Mewakili Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd, M. M yang sekaligus sebagai Waka 1 Bidang Pembinaan Anggota Muda dan Dewasa Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng hadir membuka secara resmi kegiatan Kursus Mahir Dasar Golongan Penggalang secara virtual bertempat di Gedung Kwarcab Kabupaten Buleleng, Senin 24 Mei 2021.

 

Dalam pembacaan sambutan Ketua kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng dapat disampaikan bahwa dimasa pandemi COVID-19 kegiatan kepramukaan tidak boleh diam dan harus selalu berinovasi untuk bisa berkontribusi di gugus depan khususnya peningkatan Pendidikan karakter melalui Pendidikan kepramukaan. Gerakan Pramuka sebagai wadah Pendidikan non formal untuk menghasilkan kader bangsa yang tangguh dan handal dimasa depan. 

 

Selain itu, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng diharapkan selalu berusaha meningkatkan mutu dan jumlah pembina pramuka yang akan melaksanakan tugas membina peserta didik disatuannya masing-masing, yang memiliki kualifikasi KMD. Lebih lanjut lagi, Kedepan Kadisdikpora Buleleng berharap "dilihat dari minat yang tinggi terkait dengan Kursus Mahir Dasar, maka kedepan perlu adanya sinergitas dan kolaborasi antara Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng dengan Disdikpora kabupaten Buleleng terkait dengan kegiatan KMD ini. Lebih lagi KMD ini merupakan Dasar untuk menjadi Pembina Pramuka sehingga perlu dirasa disetiap satuan Pendidikan terdapat pembina pramuka yang memiliki kualitas mumpuni, inovatif dan tangguh apalagi Pramuka merupakan ekstra wajib di sekolah ." Jelas Kadisdikpora Buleleng. 

 

 

Sementara itu, tujuan dilaksanakannya Kursus Mahir Dasar Golongan Penggalang  Tahun 2021 adalah yang pertama untuk memberi bekal pengetahuan dan keterampilan guna meningkatkan kemampuan pembina pramuka dalam mengasuh peserta didik dan mengelola satuan, serta menyampaikan perubahan - perubahan yang ada sehingga mutu kegiatan kepramukaan semakin meningkat. Kedua guna tercapai sumber daya manusia terlatih yang mampu memahami, menghayati, melaksanakan dan menerapkan satya  dan Dasa Darma Pramuka ke dalam perilakunya sebagai teladan lingkungan dimana saja berada. Sumber daya manusia terlatih yang mampu menyerap ilmu pengetahuan, teknologi dan senin kepramukaan serta dapat menyampaikan kepada peserta didik, komunitas di gugus depannya dan yang berakhir sumber daya manusia terlatih yang memiliki wawasan, serta perilaku inisiatif, inovatif dan produktif serta berkarakter. 

 

Adapun jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 40 orang peserta dari 9 Kwartir Ranting Se-Cabang Buleleng dengan sasaran Guru SD dan SMP Se-Kabupaten Buleleng.