(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG HIMBAU GURU TERUS KEMBANGKAN MODEL SOAL HOTS

Admin disdikpora | 15 Februari 2024 | 1229 kali

KADISDIKPORA BULELENG HIMBAU GURU TERUS KEMBANGKAN MODEL SOAL HOTS

Singaraja, Kamis 15 Februari 2024 | DISDIKTODAY

“Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan suatu proses berpikir seseorang yang tidak hanya mampu menghafal namun mampu memaknai suatu permasalahan yang memerlukan analisis, ide-ide kreatif, mengasosiasi hingga menarik kesimpulan dari berbagai informasi baru yang diperoleh. Adapun tujuan dari HOTS yaitu membantu siswa meningkatkan kemampuan dalam menganalisis atau memahami suatu permasalahan berupa informasi secara lebih kritis dan kreatif dalam memperoleh hasil akhir.”


Seperti itulah segelintir sampaikan Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M. saat membuka secara resmi Workshop Penyusunan Model Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Hotel Bali Taman Spa & Resort, Kamis (15/2).


Kadis Astika juga menegaskan agar para guru mrmiliki  Keterampilan berpikir tingkat tinggi tidak hanya sekedar keterampilan mengingat tetapi juga menganalisis, memerlukan keterampilan dalam mengevaluasi, dan mencipta. Kemampuan berpikir tingkat tinggi tidak hanya ditingkatkan pada aspek kognitif saja tetapi mampu dalam meningkatkan aspek keterampilan dan afektif siswa.


Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng mendorong para guru untuk melakukan pembelajaran dengan pendekatan HOTS serta melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi para siswa dengan model soal-soal HOTS. Dengan demikian maka keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan suatu kebiasaan dalam belajar dan dapat diterapkan sehari-hari.


Pihaknya mengungkapakan bahwa “Model soal yang tersusun nantinya dapat dimanfaatkan oleh guru-guru pada satuan pendidikan untuk melakukan asesmen baik asessment for learning, asessment as learning, dan asessment for learning, serta dapat dimanfaatkan sebagai asesment diagnostik untuk mengukur awal kemampuan berpikir kritis siswanya.”pungkasnya




Dari laporan Kabid Pembinaan SD, Dra. Made Sri Suparmi didampingi Kasi Kurikulum SD, I Ketut Agus Susilawan, S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah terwujudnya Penyelenggaraan Belajar bagi Peserta Didik dimana di dalam proses belajar terdapat standar proses dan standar penilaian/asesmen dengan baik dan terlaksananya Peningkatan Kompetensi Guru-guru dalam menyusun instrimen penilaian salah satunya berupa tes yang berorientasi pada Higher Orther Thinking Skil (HOTS).


Lebih lanjut,  hasil yang diharapkan adalah tersedianya model soal Higher Orther kegiatan “Workshop Proses Thinking Skill (HOTS) yang dapat dimanfaatkan seluruh satuan pendidikan dalam melaksanakan penilaian baik formatif, sumatif dan bahkan asesmen diagnostik. 2) Terlaksananya evaluasi dan tindak lanjut pemanfaatan dan pengembangan model Soal Higher Orther Thinking Skill (HOTS) dalam bentuk uji coba model soal dan pengimbasan kepada rekan sejawat di satuan pendidikan, pada gugus bahkan pada kecamatan.


Sementara itu, Peserta Kegiatan terdiri dari  guru-guru SD se-Kabupaten Buleleng yang terdiri dari 5 (lima) orang guru kelas VI dari masing-masing kecamatan, secara keseluruhan berjumlah 45 orang dimulai dari tanggal 15 sampai dengan 18 Februari 2024. Untuk Narasumber selama kegiatan ini menghadirkan  Kepala SD Bhakti Seraga dan Kepala SD Negeri 4 Banyuasi sedangkan Panitia adalah unsur Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng.