(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENUTUPAN RAPAT SOSIALISASI DAN ADVOKASI LAYANAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, SOSIALISASI PPDB TAHUN AJARAN 2024/2025 SERTA TRANSISI PAUD KE SD YANG MENYENANGKAN

Admin disdikpora | 11 Juni 2024 | 1086 kali

PENUTUPAN RAPAT SOSIALISASI DAN ADVOKASI LAYANAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, SOSIALISASI PPDB TAHUN AJARAN 2024/2025 SERTA TRANSISI PAUD KE SD YANG MENYENANGKAN



Singaraja, Selasa 11 Juni 2024 | DISDIKTODAY

Seijin Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, hadir Sekretaris Disdikpora, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A.P., didampingi Widya Prada  Ahli Muda, Subkor Peserta Didik PAUD PNF, Eka Titi Suryani, SP., M.Pd., guna menutup secara resmi Rapat Sosialisasi dan Advokasi Layanan Pendidikan Anak Usia Dini, Sosialisasi PPDB tahun ajaran 2024/2025 serta Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bertempat di STIKES Banyuning, Selasa (11/6).



Berbicara Pendidikan Tentu Kita Akan Memikirkan Salah Satu Bagian Penting Yaitu Akses Serta Kualitas Layanan Yang Tersedia. Saat Ini Berdasarkan Data Dapodik Dan Juga Raport Pendidikan Buleleng Tahun 2024, Terdapat 271 Lembaga Paud Dengan Rincian 226 Tk, Yang Berstatus Negeri Sejumlah 30 Lembaga dan 196 Swasta Terdiri Dari 97 Tk Yayasan dan 99 TK Pemerintah Desa, Selanjutnya Terdapat 36 Lembaga Kelompok Bermain dan 9 Taman Penitipan Anak. 



Dari Ketersediaan Lembaga PAUD Tersebut, Jika Dilihat Dari Kualitas Layanannya Berdasar Raport Pendidikan Dengan Indikator Status Akreditasi Minimal B, Maka Capaian Layanan Ada Dalam Kategori Tinggi, dan Pada Aspek Sebaran Guru Dengan Kualifikasi S1/D IV Terkategori Baik.



Partisipasi anak pada jenjang paud dipercaya akan membantu anak bertumbuh kembang secara optimal dipantau dari berbagai aspek secara holistik baik akademik maupun sosial-emosional. 



Dilihat dari sasaran usia maka pendidikan anak usia dini dimulai dari 0-8 tahun. Sementara itu, proses pendidikan di paud berakhir pada usia 6 tahun, sehingga masih tersisa 2 tahun yang mesti diproses pada pendidikan sd. masa ini kemudian disebut sebagai masa transisi dan mesti mendapat perhatian kita bersama selaku insan pendidikan.


Lebih lanjut, Sekretaris Dinas mengajak semua pihak untuk  berkomitmen untuk terus berinovasi, berkontribusi secara maksimal. pada saatnya nanti, niscaya segala daya upaya yang kita lakukan akan memperoleh hasil yang dapat kita nikmati  bersama dengan rasa bangga.