(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Semarak Festival Panen Hasil Belajar, Lokakarya 7 Program Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Buleleng

Admin disdikpora | 19 Desember 2022 | 569 kali

Semarak Festival Panen Hasil Belajar, Lokakarya 7 Program Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Buleleng


Singaraja, 19 Desember 2022 | DISDIKTODAY

Minggu, 18 Desember 2022, Balai Guru Penggerak Provinsi Bali bersama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahgara (Disdikpora) Kabupaten Buleleng menyelenggarakan Festival Panen Hasil Belajar, Lokakarya 7 Program Guru Penggerak Angkatan 5. Kegiatan berlangsung selama 2 hari, 18-19 Desember 2022, bertempat  di Aula SMK Negeri 3 Singaraja. Adapun tema yang diangkat pada hari pertama Lokakarya 7 adalah Perubahan Positif di Sekolah Melalui Program Berdampak Pada Murid. Kegiatan diikuti oleh 73 orang peserta Calon Guru Penggerak (CGP) dari semua jenjang pendidikan, yang dipandu oleh 15 orang pengajar praktik dengan metode belajar yang begitu menyenangkan. Peserta CGP  diajak untuk melakukan ice breaking untuk mencairkan suasana,  kemudian dilanjutkan dengan berbagi aksi nyata, evaluasi program yang sudah berjalan, lalu diakhiri dengan persiapan pameran oleh para CGP.

Pada hari kedua, seluruh peserta CGP menunjukan hasil belajar/proyek yang telah dibuat di sekolah dalam bentuk pameran. Berbagai media seperti produk hasil karya murid, X-banner, dokumentasi, hiasan dari barang bekas dan lain sebagainya dikerahkan oleh masing-masing CGP untuk menunjukan kretivitas mereka dalam menjalankan program. Kegiatan hari kedua juga turut dihadiri oleh Kepala Sekolah dari masing-masing CGP, Pengawas Sekolah dari semua jenjang pendidikan serta perwakilan dari berbagai komunitas dan organisasi pendidikan yang ada di Buleleng. Acara dibuka oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P. Dalam sambutannya, Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng menyatakan “Dengan lulusnya seluruh CGP Angkatan 5, maka jumlah guru penggerak yang dimiliki oleh Kabupaten Buleleng akan bertambah, yaitu dari 63 orang menjadi 136 orang. Saat ini pula, Program Guru Penggerak Angkatan 7 dengan jumlah CGP sebanyak 85 orang sedang berlangsung. Dengan demikian, jumlah guru penggerak yang ada di Kabupaten Buleleng akan terus bertambah seiring dengan keberlanjutan program ini.”

Lebih lanjut Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng menyatakan bahwa tahun depan, Disdikpora Kabupaten buleleng berencana untuk terus mengadakan sosialisasi dan pendampingan terkait program ini, guna menumbuhkan semangat guru-guru lain di Kabupaten Buleleng untuk menyusul rekan-rekan mereka menjadi Guru Penggerak. Hal tersebut bertujuan untuk mempersiapkan  keberlanjutan kaderisasi kepemimpinan di satuan pendidikan yang handal, memenuhi kompetensi dan kualifikasi sebagaimana diamanatkan dalam Permendikbudristek Nomor 40 Tahun 2021 tentang penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan undangan mengunjungi stand pameran masing-masing CGP. Video yang menunjukan perjalanan CGP dari awal hingga sampai pada titik ini terus diputar mengiringi berjalannya pameran. Rasa lelah dan teriknya matahari di luar Aula tidak menyurutkan semangat peserta CGP untuk menunjukan kreativitas dan memperkenalkan produk yang mereka bawa demi menarik hati pengunjung pameran. Dilihat dari antusiasme undangan ketika penyampaian pesan dan kesan, secara keseluruhan dapat dikatakan Festival Panen Hasil Belajar Lokakarya 7 PGP Angkatan 5 Kabupaten Buleleng berjalan dengan lancar dan sukses berkat kolaborasi yang baik dari Pengajar Praktik, Peserta CGP serta semua pihak yang terlibat.