(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

TINGKATKAN LITERASI, SISWA BULELENG IKUTI LOMBA CIPTA DAN BACA PUISI, RESENSI BUKU SERTA PAMERAN DAN BEDAH BUKU

Admin disdikpora | 27 Maret 2023 | 868 kali

TINGKATKAN LITERASI, SISWA BULELENG IKUTI LOMBA CIPTA DAN BACA PUISI, RESENSI BUKU SERTA PAMERAN DAN BEDAH BUKU

Singaraja, Senin 27 Maret 2023 | DISDIKTODAY

Serangkaian memperingati HUT Kota Singaraja ke - 419 Tahun, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menggelar kegiatan bertajuk “ Festival Literasi Denbukit”.


Terkait kegiatan tersebut, pagi ini mewakili Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng hadir Kabid Pembinaan PSMP, Putu Primasuta, S,Sn., M.Pd. menggelar pertemuan Technical Meeting dengan mengundang Kepala SMP Negeri dan Swasta bertempat di Aula Disdikpora Kabupaten Buleleng, Senin, 27/3/23.


Sebelum acara dimulai, Kabid Pembinaan SMP menjelaskan bahwa Secara umum,  melalui kegiatan ini khsusunya membaca puisi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan literasi anak. Dengan mengadakan lomba membaca puisi dapat meningkatkan gairah literasi anak didik kita agar lebih bersemangat lagi dalam menggalakkan literasi. Kegiatan lomba membaca puisi tingkat SMP di Kabupaten Buleleng dapat menjadi awal dari sebuah perjalanan gerakan literasi.


Selanjutnya, untuk lebih memantapkan jalannya lomba serta penjelasan secara teknis, pertemuan kali ini mengundang salah satu dewan juri Kadek Sonia Piscayanti selaku founder Komunitas Mahima dan sekaligus Dosen Universitas Pendidikan Ganesha.Ada beberapa lomba dalam kegiatan ini diantaranya Lomba Cipta dan Baca Puisi, Lomba Resensi Buku dan Pameran dan Bedah Buku. Dari data google form perhari ini sebanyak 44 orang siswa terdaftar dalam  lomba cipta dan baca puisi. Pelaksanaan Lomba cipta dan baca puisi peserta diharapkan hadir besok hari selasa 28 Maret 2023 pada pukul 13.00 wita untuk membuat puisi secara langsung dengan tema “BULELENG” kurun waktu 30 menit.Sementara untuk lomba baca Puisi akan dimulai pada pukul 13.30 wita dengan durasi 3 menit per-siswa untuk membacakan puisi hasil karyanya.


Kriteria penilaian lomba Cipta Puisi yaitu kesesuaian tema dengan isi, sistematika penulisan ( pemilihan kata, gaya bahasa, keutuhan dan keselarasan) dan untu Lomba Baca Puisi kriteria penilianannya yang petrama penghayatan, keutuhan, vocal dan penampilan.


Lebih lanjut untuk Lomba Resensi Buku dari daftar google form perhari ini diikuti sebanyak 50 orang siswa. Resensi Buku pada hakekatnya adalah kegiatan mengupas, mengevaluasi, mempertimbangkan, mengkritik, membedah substansi sampai memberikan komentar kepada sebuah buku.Pelaksanaan kegiatan ini secara daring, peserta mengirimkan hasil resensi melalui link google form  dengan batas waktu sampai tanggal 30  Maret 2023.Judul buku yang diresensi adalah Singaraja yang dikenang yang disayang, pengalaman masa kecil hidup di Kota Singaraja Oleh Putu Sutisna dengan penerbit dari Mahima.


Sementara itu,  untuk Pameran dan Bedah buku  diikuti  peserta dari siswa dan guru SMP Negeri dan Swasta Se- Kabupaten Buleleng.Buku yang dipamerkan dengan tema bebas dan untuk jumlah peserta dan judul buku yang akan dipamerkan tidak dibatasi.Pelaksananya sendiri dimuali dari hari senin 27 sampai dengan 29 Maret 2023 di Lapangan Bhuana Patra Singaraja Perlu diketahui bersama untuk pameran dan bedah buku, para siswa wajib berkunjung pada pagi hari, dan untuk sore hari dikunjungi oleh para guru.