(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

UJI KOMPETENSI NASIONAL BIDANG PERHOTELAN UNTUK PESERTA PROGRAM KECAKAPAN KERJA (PKK) TAHUN 2022

Admin disdikpora | 28 Oktober 2022 | 436 kali

UJI KOMPETENSI NASIONAL BIDANG PERHOTELAN UNTUK PESERTA PROGRAM KECAKAPAN KERJA (PKK) TAHUN 2022


Singaraja, Jumat 28 Oktober 2022 | DISDIKTODAY

Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng yang dalam hal ini diwakili widya prada ahli muda sub koordinator subtansi peserta  didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, SP.M.Pd  membuka secara resmi Uji Kompetensi Nasional Bidang Perhotelan untuk Peserta Program Kecakapan Kerja (PKK) Tahun 2022 bertempat di lanti 3, Executive Ballroom PPLP Pansophia Singaraja, jumat 18/10/22.



Saat pembacaan sambutan Kepala Disdikpora Buleleng disampaikan ucapan terimakasih kepada Manajemen  Perhotelan PPLP Pansophia Singaraja khususnya kepada Direktur PPLP Pansophia Singaraja Dr.I Made Yudana,M.Pd karena telah berperan aktif dalam berkontribusi menciptakan tenaga kerja yang profesional di berbagai bidang keterampilan yang tentunya dibutuhkan oleh dunia kerja dan industri. Semoga semakin maju dan berkembang, serta lulusannya dapat berperan di masyarakat, bukan hanya sebagai tenaga kerja semata namun pada kondisi tertentu mesti mampu menciptakan lapangan kerja. Tentu hal tersebut akan berpengaruh terhadap produktifitas dan kesejahteraan keluarga serta masyarakat pada umumnya.



Permasalahan klasik yang sering kita dengar di masyarakat adalah tentang pengangguran, disebut pengangguran karena memang yang bersangkutan belum memiliki keterampilan/unskill sehingga tidak dapat terserap di dunia kerja.   Menyikapi hal tersebut maka  pemerintah menjawabnya melalui Kemendikbudridtek RI dengan meluncurkan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK).



Program PKK merupakan program layanan pendidikan dan pelatihan berorientasi pada pengembangan keterampilan kerja yang bertujuan untuk mendidik dan melatih peserta agar siap untuk bekerja serta memiliki keterampilan sehingga mampu bersaing pada skala nasional dan/atau internasional, dan bagi lembaga penyelenggara tentu mesti mempunyai komitmen dalam menyalurkan/menempatkan lulusan dari Program PKK pada DUDI yang menerbitkan job order/demand letter attachment. 



Berkaitan dengan begitu penting dan signifikannya program tersebut terhadap peserta itu sendiri  dan juga bagi dunia usaha maka sudah selayaknya uji kompetensi harus dilakukan dengan baik sesuai prosedur yang ditetapkan untuk membuktikan bahwa peserta benar-benar sudah berhasil menguasai keterampilan yang diikuti dan secara legalitas mempunyai sertifikat kompetensi yang tentu akan sangat mendukung mereka dalam berkecimpung pada dunia kerja. Kedepan, semoga semangat kebersamaan semakin terbangun di lembaga ini, sehingga kita bersama?sama menghasilkan karya?karya yang pantas dibanggakan dan mendorong bangsa ini ke arah kemajuan menuju Indonesia Hebat.