(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

WORKSHOP PENYUSUNAN KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH DI MERDEKA SMP N 3 SINGARAJA

Admin disdikpora | 27 Juni 2022 | 472 kali

SEKRETARIS DINAS BUKA WORKSHOP PENYUSUNAN KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH DI  MERDEKA SMP N  3 SINGARAJA


Singaraja, SENIN 27 JUNI  2022 l DISDIKTODAY

Seijin Kadisdikpora Kabupaten Buleleng , Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P membuka Worshop Penyusunan opersional Sekolah (KOS) dalam Implementasi kurikulum merdeka  di SMP N 3 Singaraja secara resmi. Selasa 27/6/22


Proses Penyusunan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan. Dalam penyelenggaraannya, kurikulum operasional di satuan pendidikan perlu menjadi dokumen yang dinamis, yang diperbarui secara berkesinambungan, menjadi referensi dalam keseharian, direfleksikan, dan terus dikembangkan. Penyusunan dokumen kurikulum operasional di satuan pendidikan hendaknya dimulai dengan memahami secara utuh struktur kurikulum merdeka.



Dalam Sambutan Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng implementasi kurikulum merdeka  ini Bapak Ibu guru nantinya bisa melakukan penyesuaian-penyesuaian pembelajaran  dan tentunya hal ini bisa dilakukan dengan meng-update diri sendiri melalui aplikasi dan sarana pendukung yang sudah disiapkan oleh pemerintah.Salah satu aplikasi yang dipertegas dalam pertemuan ini adalah penggunaan aplikasi merdeka mengajar  sebagai salah satu tuntunan untuk melaksanakan implemnetasi kurikulum merdeka sebagai juga aktivasi dari akun belajar.id yang nantinya sangat membantu bapak ibu guru dalam proses pembelajaran maupun administrasi kependidikan sebagai seorang guru.



Implementasi kurikulum Merdeka yang dilaksanakan oleh jajaran satuan pendidikan SMP Negeri 3 Singaraja mengingat kurikulum Merdeka ini merupakan hal yang baru saja di canangkan oleh Kementrian  untuk nantinya bisa diimplementasikan tahun pelajaran 2022/2023. Kedepan diharapkan kepada bapak ibu guru nantinya untuk siap dalam segala situasi melakukan penyesuaian-penyesuaian dan mengikuti perubahan-perubahan yang digariskan untuk memantapkan diri mengikuti program paradigma baru pendidikan yaitu Merdeka belajar.



Setelah SMP N 3 Singaraja mulai ada yang melirik untuk melakukan study banding setelah sekolah ini sudah menjadi Sekolah Penggerak. Maka diharapkan bapak ibu guru pegawai bisa memberikan pemahaman mengenai hal tersebut termasuk IKM itu sendiri.” Ucap Surya Bharata.



untuk para guru di SMP N 3 Singaraja dipertegas kembali  diharapkan memiliki akun belajar.id. Dengan adanya akun ini  memudahkan guru nantinya dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Selain itu, dapat digunakan untuk mengakses berbagai platform dari Kemendikbudristek serta dapat menyimpan dokumen secara daring dengan ruang penyimpanan lebih aman tanpa batas dan yang terpenting dapat mengakses dan memanfaatkan Chromebook Sebagai jalur informasi resmi dari Kemendikbudristek.