(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

APE HARUS MENYENANGKAN BAGI ANAK USIA DINI

Admin disdikpora | 17 Oktober 2017 | 426 kali

APE HARUS MENYENANGKAN BAGI ANAK USIA DINI

 

Lovina, DISDIKTODAY| Bermain merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak utamanya anak usia dini. Pemilihan Alat Permainan Edukatif (APE) perlu diperhatikan baik dari sisi pembuatan maupun pemilihan materinya. Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, melalui Bidang Pembinaan PAUD-PNF menggelar kegiatan Workshop Pembuatan Alat Permainan Edukatif Kabupaten Buleleng Tahun 2017 di Melka, Lovina Senin 16 Okober 2017.

 

Kegiatan yang dibuka resmi Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd didampingi Kabid Pembinaan PAUD-PNF Dra. Ni Nengah Pujiani, M.AP dan Kasi Kurikulum PAUD-PNF Komang Sudarsana, S.Pd menyasar 100 orang peserta yang terdiri dari Kepala Taman Kanak-kanak, dan Kelompok Bermain se-Kabupaten Buleleng.

 

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Dra. Ni Nengah Pujiani, M.AP. dalam laporannya menjelaskan kegiatan Workshop Pembuatan Alat Permainan Edukatif memiliki tujuan untuk memperjelas materi pembuatan APE, memberikan motivasi dan merangsang anak didik untuk bereksplorasi dan bereksperimen dalam mengembangkan aspek perkembangannya melalui penggunaan APE yang tepat. Disamping itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kompetensi Tenaga Pendidik TK dalam mempersiapkan proses pembelajaran, seperti bagaimana menentukan tema, sub tema, menentukan strategi pembelajaran dan memilih mainan atau APE yang tepat dalam menstimulasi anak usia dini.

 

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd memberikan sambutan serta mebuka kegiatan workshop ini secara resmi. Beliau menjelaskan betapa pentingnya Alat Permainan Edukatif guna mendorong dalam menciptakan suasana bermain yang menyenangkan, karena anak-anak usia dini tidak seharusnya belajar tentang persoalan akademik tetapi mereka harus bermain agar bisa menguatkan dirinya, menguatkan mentalnya, menyiapkan mental dan kepribadiannya. Alat Permainan Edukatif Itu sendiri juga bermanfaat agar anak-anak mulai bersosialisi, berinterkasi dan berkomunikasi dengan teman-teman sebayanya. Maka dari itu APE secara tidak langsung mampu menumbuhkan sikap percaya diri, membentuk prilaku tentang bagaimana cara menggunakan alat itu sendiri.

 

Ini sesuai dengan tujuan dari pendidikan pra sekolah dimaksud yang mana pada jenjang ini mereka diberikan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak agar mereka memiliki kesiapan untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari kedepan akan difasilitasi oleh empat orang narasumber dari FIP PG-PAUD UNDIKSHA Singaraja.