(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BELASAN RIBU SISWA DI BULELENG IKUTI UJIAN NASIONAL JENJANG SMP/MTs

Admin disdikpora | 24 April 2018 | 332 kali

BELASAN RIBU SISWA DI BULELENG IKUTI UJIAN NASIONAL JENJANG SMP/MTs

Singaraja, DISDIK TODAY|
Ujian Nasional (UN) jenjang SMP/MTs di Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018 dimulai. Senin 23 April 2018 belasan ribu siswa SMP/MTs di Buleleng mengikuti UN dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia di hari pertama. Pelaksanaan UN tahun ini dilaksanakan dengan dua moda, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

Sesuai data yang terhimpun ada sebanyak 28 SMP/MTs yang melaksnakan UNBK dan sebanyak 58 SMP yang melaksanakan UNKP. Sementara kehadiran siswa tercatat sebanyak 11797 siswa atau sebanyak 99.70% mengikuti ujian dari 11832 siswa yang terdaftar dalam Daftar Nominatif Tetap (DNT) ujian nasional. Sehingga tercatat sebnayak 35 atau 0,30% siswa tidak hadir mengikuti ujian akhir ini dengan berbagai alasan, diantaranya alasan sakit 3 orang, alpa 1 orang dan berhenti 31 orang.

Sedangkan dalam pelaksanaan UN kali ini sesuai hasil pemantauan panitia di beberapa sekolah yang tersebar di Kabupaten Buleleng diperoleh informasi bahwa ujian berjalan dengan lancer dan tertib. Beberapa komponen Lembaga terkait juga melaksanakan monitoring sesuai kewenangannya, seperti Tim dari Inspektorat Jenderal Kemdikbud, Wakil Bupati Buleleng, Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng, Kepolisian Resor Buleleng serta media masa juga secara aktif terus mewartakan pelaksanaan ujian nasional.

Pelaksanaan ujian nasional jenjang SMP / MTs akan berlangsung sampai dengan Kamis, 26 April 2018. Sedangkan jadwal ujian nasional susulan akan dilaksanakan pada Selasa – Rabu, 8 – 9 Mei 2018.