(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BIMTEK AKREDITASI PAUD - PNF SE BULELENG

Admin disdikpora | 01 Agustus 2018 | 478 kali

BIMTEK AKREDITASI PAUD - PNF SE BULELENG

Lovina, Selasa 31 Juli 2018| DISDIK TODAY
Disdikpora Kabupaten Buleleng selenggarakan bimbingan teknis akreditasi dengan menyasar 50 orang perwakilan lembaga PAUD dan PNF se-Kabupaten Buleleng pada hari Selasa, 31 Juli 2018 di Melka- Lovina.

Kepala Disdikpora Kab. Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kabid Pembinaan PAUD-PNF, Dra. Nengah Pujiani, M.AP didampingi Kasi Kurikulum, Komang Sudarsana, S.Pd dan Narasumber dari BAN PAUD-PNF Prov. Bali I Gede Sedana Suci, SE, M.Ag menegaskan bahwa akreditasi bagi lembaga merupakan sebuah keniscayaan. Hal ini tidak terlepas dari upaya pemerintah didalam menstandarisasi mutu dan kualitas layanan lembaga.

Tingkat pencapaian standar nasional pendidikan suatu lembaga akan tercermin pada nilai akreditasinya.
Dan yang berhak melakukan penilaian terhadap lembaga PAUD-PNF sesuai Permendikbud 13 tahun 2018 adalah BAN PAUD - PNF.

Proses akreditasi saat ini sudah semakin mudah dan tidak perlu lagi membawa bendel barang, cukup scan dokumennya, upload ke aplikasi SisPenA jika sudah lolos verifikasi administrasinya tinggal menunggu konfirmasi dan jadwal Desk Visit oleh tim penilai. Diharapkan sistem ini bisa berpengaruh signifikan serta dapat memacu lembaga untuk berakreditasi. Demikian disampaikan di akhir sambutannya.

Sementara itu Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa pada tahun ini sebanyak 20 lembaga sudah siap divisitasi dan 26 lembaga masih proses pendampingan melalui kerjasama dengan BP PAUD DIKMAS Prov. Bali sedangkan 50 lembaga yang merupakan sasaran kegiatan ini dipersiapkan untuk bisa berakreditasi paling lambat sampai tahun 2019 mendatang.

Selanjutnya dalam sehari ini peserta akan dibimbing untuk dapat menyusun dokumen yang diperlukan dalam proses akreditasi kemudian proses registrasi dan scanning dokumen sehingga besaran filenya sesuai dengan yang dipersyaratkan aplikasi serta persiapan-persiapan lainnya terkait tahapan yang mesti mereka lalui sampai akhirnya Tim Penilai datang melalukan Desk Visit ke lembaga.