(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BIMTEK BOS SMP NEGERI/SWASTA SE - KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 28 Februari 2018 | 701 kali

*BIMTEK BOS SMP NEGERI/SWASTA SE - KABUPATEN BULELENG*

Singaraja, 26 Pebruari 2018| DISDIK TODAY
Dalam rangka menindaklanjuti Permendikbud Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Juknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bidang Pembinaan SMP melalui Seksi Peserta Didik SMP menyelenggarakan Bimtek BOS selama 3 hari dari tanggal 26 - 28 Pebruari di Hotel Bali Taman yang diikuti oleh 148 peserta, terdiri dari Kepala Sekolah dan Bendahara BOS.

Acara yang dibuka resmi Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd didampingi oleh Kabid PSD selaku Ketua Pembina BOS Kabupaten, Kabid PSMP dan Koordinator Pengawas.

Kegiatan ini merupakan bagian dari tanggung jawab Tim BOS Kabupaten yang meliputi:
1. Memberikan sosilisasi/pelatihan kepada sekolah tentang program BOS;
2. Melakukan Pembinaan kepada sekolah dalam pengelolaan dan pelaporan BOS;
3. Memantau pelaporan pertanggungjawaban dana BOS secara offline maupun online; dan
4.Melakukan monitoring pelaksanaan program BOS.

Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng dalam arahannya berharap, Kepala Sekolah dapat memahami Juknis BOS yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud. Disamping itu juga perlu diberikan penjelasan-penjelasan tambahan dari tim manajemen BOS yang sebelumnya juga sudah diberikan bimbingan oleh pusat. Hal ini merupakan upaya nantinya pada pelaksanaannya tidak terjadi kesalahan maupun penyimpangan."Melalui Bimtek ini sekolah lebih bisa tepat sasaran, efesiensi serta efektif memanfaatkan Dana BOS yang dikelola. Tentunya yang terakhir adalah pertanggungjawaban dan penyusunan laporan sangatlah perlu diperhatikan, karena ini akan sangat menentukan tingkat akuntabilitas kinerja sekolah," tegasnya.

Pada hari pertama Bimtek diisi dengan pemaparan materi kebijakan BOS 2018 oleh Ketua Pelaksana BOS Kabupaten Buleleng, dilanjutkan Hari II diisi oleh Narasumber dari Badan Keuangan daerah serta Inspektorat Buleleng yang akan membawakan materi tentang regulasi pertanggungjawaban BOS, serta di hari III diisi dengan praktek penyusunan RKAS.